Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Memperbaiki Laptop Mati Total dan Penyebabnya

masadi.id - Di zaman yang serba teknologi seperti sekarang, tidak bisa dipungkiri lagi jika teknologi membawa banyak manfaat dan kemudahan bagi kehidupan manusia. Hampir sebagian aktivitas yang kita lakukan selalu bergantung pada teknologi.

Bagi para pelajar, ataupun pekerja kantoran, salah satu teknologi yang biasa dipakai yaitu laptop. Dengan adanya laptop sebuah pekerjaan dan tugas-tugas yang dikerjakan bisa dengan mudah diselesaikan. Akan tetapi, segala sesuatu kelebihan dan kemudahan tersebut, laptop juga bisa mengalami masalah atau gangguan pada laptop tersebut. Salah satu gangguan yang biasa dialami oleh para pengguna laptop ialah laptop yang mati total.

Cara mengatasi laptop mati total
Pic by Google

Laptop yang mati total bisa sangat meresahkan dan bikin jengkel, apalagi laptop mati ketika kita sedang mengerjakan sebuah tugas yang begitu penting.

Salah satu penyebab dari masalah laptop bisa mati total ialah kerap digunakan secara terus-menerus. Ketika laptop mati total, sebagai pengguna tentu akan melakukan berbagai upaya untuk membuat hidup kembali dan bisa digunakan kembali, salah satunya yaitu dengan membawanya ke tempat service komputer atau laptop.

Namun, sebelum kalian membawa laptop yang mati total itu ke tempat service laptop, kalian perlu mengetahui apa sebenarnya penyebab matinya laptop tersebut. Dengan mengetahui apa penyebab laptop mati total ada kemungkinan kalian bisa memperbaikinya sendiri dengan cara mencari tutorial memperbaiki laptop yang mati total di internet.

Nah maka dari itu, disini akan saya bagikan 6 penyebab terjadinya laptop mati total dan bagaiman cara mengatasi hal tersebut. Dirangkum dari berbagai sumber terpercaya berikut ini cara memperbaiki laptop yang mati total.

Cara Meperbaiki Laptop yang Mati Total

1. Laptop Mati Total karena Baterai Laptop yang Bermasalah

Penyebab laptop bisa mati total pertama yaitu adanya baterai laptop yang bermasalah. Seperti diketahui bahwa baterai laptop merupakan sumber dari energi atau daya hidup dari laptop tersebut. Jika kalian merupakan salah seorang yang mengandalkan baterai sebagai sumber utamanya, bisa jadi ia kehabisan daya enegrinya. Maka kalian perlu menghubungkannya dengan adaptor listrik guna mengisi baterai.

Solusi untuk masalah tersebut adalah sebagai berikut ini:

  • Pertama pastikan baterai dan alat pengisi daya laptop terpasang dengan baik
  • Bila masih tidak mau menyala, coba gunakan baterai lain
  • Jika tidak ada, coba lepaskan baterai dari laptop dan hidupkan laptop hanya dengan menggunakan alat pengisi daya saja atau sambil di cas saja. Hal ini juga bertujuan untuk memastikan apakah alat pengisi daya laptop tersebut berfungsin dengan benar.
  • Apabila laptop masih tetap tidak bisa hidup, maka cobalah untuk memindahkan charger pada lubang stop kontak yang lainnya.

2. Processor Laptop Bermasalah

Penyebab laptop mati total selanjutnya adalah adanya komponen prosesor yang bermasalah. Jika prosesor laptop mengalami kerusakan maka bisa dipastikan laptop juga akan kehilangan kontrol serta tak mampu memberikan perintah pada komponen lain untuk bekerja maksimal. Prosesor tersebut bisa rusak lantaran terjadinya overheatinga atau panas berlebih akibat fan dan heatsink yang kotor sehingga tidak bisa menyuplay pendingin pada laptop.

Hal itu semua merupakan penyebab dari ketidak seimbangan antara komponen processor dan juga RAM. Untuk mengatasi hal tersebut, kalian bisa membersihkan pasta yang menempel dan menggantinya dengan yang baru lagi. Setelah itu, pasanglah kembali dengan posisi yang benar.

3. Masalah pada Bagian Adaptor Laptop

Penyebab Laptop mati total berikutnya dapat dicek melalui bagian adaptor pengisi daya listriknya. Kalian bisa mengecek pasokan dari listrik dan pastikan bahwa semua daya listrik tersebut mengalir melalui stop kontak atau stabilizer yang sudah digunakan. Apabila output stabilizer tidak menujukan tegangan yang terukur maka terjadi masalah pada stabilizer kalian. Untuk perlu kalian perlu menghubungkan charger langung ke sumber listriknya agar dapat menyelesaikan masalah tersebut.

Jangan lupa juga untuk mengecek adaptor, apakah sudah menyala atau tidak. Jika tidak menyala berarti hal ini memungkinkan adanya kerusakan pada adaptor yang ada di laptop kalian. Periksa sambungan kabel adaptor lantaran sering terjadi kabel power yang bermasalah karena cara pemakaiannya yang semabarangan atau asal-asalan.Gunakan Adaptor lain yang dayanya sesuai dengan laptop kalian untuk menghidupkan kembali dan memastikan adapator tersebut bermasalah atau tidak. Dan jika adapator serta kabelnya masih normal, mala permasalahannya bisa disebabkan oleh kerusakan komponen power.

4. Terjadi Masalah Pada RAM Laptop

Kalian harus tahu bahwa RAM mempunyai fungsi sebagai tempat menyimpan data sementara dari aplikasi yang sedang dijalankan. Saat lampu indikator, kipas, dan mesin menyala tetapi layar laptop tidak menampilkan apapun, ini perlu kalian curigai bahwa penyebab mati totalnya laptop dari masalah RAM.

Hal tersebut akan membuat gagalnya proses pengolahan data guna ditampilkan dan membuat layar menjadi blank. Untuk memastikan hal itu, kalian bisa melepas komponen RAM pada laptop kalian dan membersihkannya dengan penghapus pensil dan kemudian pasangkan kembali ke laptop. Kalian juga harus memastikan bahwa memasang RAMnya harus benar dan sempurna. Jika laptop masih menampilkan layar yang blank, itu merupakan sebuah indikasi dari terjadinya kerusakan pada RAM dan disarankan agar segera menggantinya dengan RAM yang baru.

5. Mainboard Laptop yang bermasalah

Masalah terjadi pada bagian mainboard juga dapat menjadi penyebab terjadinya laptop mati total. Guna mengatasi hal seperti itu maka kalian perlu melepaskan komponen termasuk harddisk, DVD, Wifi card dan lain-lain serta bersihkan segala komponen tersebut dari debu.

Jika sudah pasang kembali komponennya satu persatu pada posisinya masing-masing. Jika mainboard tetap tidak bekerja, kemungkinan mainboard tersebut sedang dalam masalah. Langkah terakhir yang bisa kalian lakukan ialah memastikan dengan memeriksa apakah ada komponen yang terbakar pada mainboard atau tidak. Jika hal tersebut terjadi maka kalian perlu segera untuk menggantinya.

6. Komponen Power Bemasalah pada Laptop

Penyebab laptop mati total lainnya yaitu ketika terjadi masalah pada komponen powernya. Umunya masalah seperti ini akan ditandai dengan matinya lampu indikator, sementara adaptor dalam keadaan normal. Maka kalian perlu memeriksa bagian soket DC laptop, sebab kerusakan pada soket mengakibatkan listrik tidak dapat mengalir dengan benar ke komponen dalam laptop sehingga menjadi penyebab laptop mati total.

Soket ini memang kadang kala menjadi longgar dengan kondisi seperti ini kalian dapat memasangkan kembali jack adaptor guna memastikannya. Apabila soket tidak ada masalah kemungkinan besar masalah laptop mati total ialah komponen power. Lonjakan listrik yang terjadi juga dapat mengakibatkan kerusakan pada komponen power. Guna memastikannya, kalian perlu memeriksa tombol on atau off power pada laptop dan jangan lupa untuk memeriksa ic powernya.

7. Memperbaiki Laptop Mati Total dengan Power Reset

Coba untuk melakukan power reset pada laptop untuk membuat hidup kembali. Cara memperbaiki laptop mati total dengan menggunakan power reset dapat kalian lakukan dengan langkah langkah dibawah ini.

  • Pertama putuskan laptop dari semua sumber listrik dengan melepas alat pengisi daya dan baterai laptop.
  • Dalam kondisi laptop yang kosong, kita tekan tombol pwer selama 30 detik. Hal ini bertujuan agar listrik yang ada didalam laptop benar-benar tidak habis.
  • Kemudian pasangkan baterai dan alat pengisi daya laptop kembali
  • Coba hidupkan kembali laptop seperti biasanya.

8. Laptop Baterai Tanam tidak bisa hidup

Apabila masalah laptop terjadi pada laptop dengan baterai yang tidak bisa dilepas atau baterai tanam, tentu hal tersebut memiliki cara memperbaiki yang berbeda. Hal pertama yang perlu kalian lakukan untuk mengatasi hal seperti itu adalah mencari tombol restart pada laptop.

Berikut ini cara memperbaiki laptop mati total untuk laptop dengan baterai tanam

  • Pertama balikkan laptop dan kalian bisa melihat terdapat lubang kecil yang berada di tengah
  • Luabng jarum tersebut merupakan tempat untuk merestrat baterai laptop yang mati total
  • Setelah itu, kalian cari jarum pentul atau apapun yang bisa menusuk lubang tersebut. Masukkan jarum pentul tersebut dan tekan tombol kecil yang ada di dalam lubang tersebut selama kurang lebih 15 detikan
  • Lakukan pengisi daya pada laptop
  • Tunggu hingga beberapa saat, dan coba hidupkan kembali laptop yang mati total itu

Laptop mati total namun lampu power masih hidup

Kondisi lainnya yang mungkin kalian akan menemukan laptop yang tidak bisa hidup meskipun sudah menekan tombol power dan lampu indikator laptop menyala.

Untuk mengatasi masalah seperti itu maka kalian coba ikuti cara memperbaiki laptop mati total dibawah ini.

  • Pertama cobalah utnuk melakukan hard reset pada laptop dengan cara melepaskan baterai dan cabut adaptor AC pada laptop. Setelah itu tekan dan tahan tombol power sekitar 20 detikan. Kemudian kembalikan semuanya seperti semula dan kerjakan boot kembali
  • Nyalakan laptop hanya menggunakan adaptor dengan cara melepas baterai dari komponen laptop tersebut. Kemudian coba nyalakan lagi laptop yang mati tital tersebut. Jika masih tidak bisa hidup kembali, maka coba cari adaptor lainnya yang memiliki tegangan yang sama.
  • Periksa RAM dengan cara melepas RAM laptop sebentar, kemudian pasang kembali seperti biasa. Setelah itu coba hidupkan kembali laptop anda.
  • Gunakan monitor eksternal dengan cara gunakan monitor eksternal kemudian masukan prot HDMI atau port VGA pada laptop. Apabila layar eksternal menyala, itu artinya masalah pada laptop mati total tersebut disebabkan pada layar laptop yag kalian miliki bermasalah.

Nah begitulah cara mengatasi laptop yang mati total dan penyebab dari matinya laptop tersebut. Cara diatas bisa kalian coba sendiri dirumah sebelum membawa laptop tersebut ke tukang service laptop.

Namun apabila kalian tidak yakin bisa melakukan hal diatas, silahkan bawa saja ke tukang service laptop untuk lebih amanya, dari pada mencoba sendiri tidak yakin lebih baik keluar uang dan pasti hidup kembali laptop tersebut.

Sekian semoga bermanfaat dan dapat menambah wawasan kalina tentang memperbaiki laptop yang mati total.