Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Mengambil Uang Tunai di ATM BRI, Tarik Tunai dan Cek Sisa Saldo BRI

masadi.id - Di zaman yang serba canggih seperti sekarang ini anda sudah tidak lagi menyimpan uang dibawah tumpukan baju dilemari ataua mebawanya banyak uang tunai jutaan di dompet yang tentunya akan membuat dompetmu gendut dan tak muat namun sekarang anda dapat menyimpan uang tersebut di ATM atau Anjungan Tunai Mandiri. 

Cara tarik tunai ATM BRI

Kehadiran ATM memang sangat memudahkan bagi masyarakat terutama untuk melakukan kegiatan transaksi. Dengan adanya ATM juga anda dapat menarik atau bertransaksi dimanapun dan kapanpun. Bentuk ATM yang kecil dapat memudahkan anda untuk membawanya kemana-mana.

Meski sekarang sudah banyak sekali ATM dan mudah ditemukan tapi terkadang masih saja ada sebagian orang yang walaupun menyimpan uangnya dibank namun masih saja belum mengetahui bahwa sebenarnya mereka dapat menarik uang di ATM tanpa harus melalui teller bank.

Pasalnya tidak jarnag dari setiap pegawai bank justru disibukkan dengan nasabah yang mengambil uang tunai secara manual melalui bagian teller di bank tersebut. Padahal mengambil uang melalui ATM justru lebih cepat dan mudah untuk dilakukan.

Lalu, bagaiaman cara mengambil uang di ATM yang benar?

Nah dibawah ini kami sudah sediakan cara mengambil uang di ATM BRI yang benar dan juga cara untuk mengecek saldo yang ada di ATM BRI.

Cara ini bisa anda lakukan jika anda menyimpan uang bukan di Bank BRI, misalnya di bank Mandiri, nah cara pengambil uang di ATMnya juga hampir sama. Namun cara dibawah ini kami menggunakan contoh dari bank BRI. Untuk jelasnya caranya bisa cek dibawah ini.

Cara mengambil Uang tunai di ATM BRI/Tarik tunai ATM BRI

  1. Yang pertama tentunya anda harus pergi ke tempat ATM BRI yang tersedia di daerah anda
  2. Pastikan jumlah nominal uang yang hendak di ambil misal Rp.50.000 atau Rp. 100.000,-
  3. Masukkan kartu ATM BRI anda ke mesin ATM
  4. Pastikan posisi logo BRI berada di atas
  5. Kemudian Pilih Bahasa, pilih saja Bahasa Indonesia
  6. Nanti akan muncu pesan yang berisikan tips aman bertransaksi di ATM, pilih saja Lanjutkan
  7. Selanjutkan anda akan diminta memasukan Pin ATM yang terdiri dari enam digit angka. Diusahakan jangan sampai salah, jika salah tiga kali maka otomatis kartu ATM anda akan terblokir.
  8. Kemudian akan tampilkan jumlah nominal uang dalam rupiah yang dapat anda tarik. Jika jumlah nominal yang diinginkan sesuai, anda dapat langsung menekan tombol yang di angka nominal tersebut.
  9. Apabila tidak pilih transaksi lain, maka pilih tarik tunai lalu masukkan nominal jumlah yang diinginkan.
  10. Kemudian nanti di layar akan muncul konfirmasi pilihan nominal yang anda inginkan. Jika sudah benar maka pilih "Benar". Jika salah maka pilih "salah" dan masukkan kembali nominalnya.
  11. Jika transaksi anda berhasil maka uang akan keluar bersamaan dengan struknya
  12. Ada juga beberapa mesin ATM yang memang tidak mengeluarkan struk karena kehabisan kertas atau disetting sehingga saldo hanya muncul dilayar saja.
  13. Terakhir, akan muncul pesan di layar mesin ATM, apakah ingin melanjutkan transaksi ini? Jika tidak, mesin ATM tersebut akan mengeluarkan kartu ATM milik anda.
  14. Sebelum keluar mesin ATM pastikan semuanya sudah ada pada tempatnya, seperti uang dan kartu ATM sudah tersimpan di dompet anda untuk memastikan agar tidak tertinggal di ruang mesin ATM.

Tips memasukkan Kartu ATM yang benar.

Dibawah ini kami tambahkan tips memasukan kartu ATM yang benar guna meminimalisir resiko kartu ATM tertelan mesin atau terblokir. Jika sampai kejadian seperti itu, anda diharuskan untuk mengganti kartu dan akan dikenakan biaya penggantian ATM tersebut.

Cara memasukkan kartu ATM yang benar yaitu posisi garis hitam berada di bawah sisi kanan. Sedangkan untuk logo Bank harus di depan, sederhananya logo bank ada disebelah kanan dan posisi daat kamu menghadap ke mesin ATM. Kartu jaringan Mastercard, atau logo visa ada disebelah kiri. Selain itu nama anda ada disebelah kiri.

  • Posisi Katu ATM
  • Garis hitam dibawah di sebelah kanan
  • Logo bank ada di bagian atas pada bagian depan atau samping kanan
  • Logo jenis jaringan ada di kiri atas

Pada dasarnya jika posisi kartu ATM salah nanti kartu tersebut tidak dapat masuk ke mesin ATM. Sedangkan untuk kartu ATM terbaru yang ada chipnya, cara memposisikan kartu ATM Chip yang benar hampir sama dengan kartu ATM biasa. Perbedaanya hanya pada posisi dari chip berada di atas.

Jika anda masih bingung, anda bisa melihat contoh cara memasukan kartu ATM yang tertera pada di bawah lubang tempat memasukkan kartu ATM.

Cara cek Sisa Saldo ATM BRI

Cara melihat sisa saldo di ATM BRI tidak lah sulit, karena ada berbagai cara yang bisa anda gunakan untuk mengetahui sisa saldo di rekening anda. Mulai dari SMS, SMS Banking, Internet Banking hingga Customer Service dan melalui mesin ATM. Cara-cara tersebut bisa anda lakukan dengan mudah, namun bagi pemula yang ingin melihat sisa saldo di rekening tidaklah mudah.

Yang pertama bisa anda gunakan untuk mengecek sisa saldo yaitu dengan menggunakan mesin ATM BRI. Cara ini ada;ah salah satu cara yang paling mudah untuk anda lakukan. Anda tidak perlu pergi ke kantor bank, anda hanya perlu pergi ke mesin ATM yang ada diaerah anda.

Anda hanya perlu memasukkan kartu ATM BRI ke mesin dan kamu bisa mengetahui langsung berapa saldo yang ada direkening BRI anda. Buat anda yang penasaran dengan cara untuk mengetahui sisa saldo rekening di tabungan anda? Silahkan simak caranya dibawah ini.

  1. Masukkan kartu ATM ke mesin ATM dengan benar
  2. Selanjutnya pilih Bahasa Indonesia
  3. Masukkan Pin ATM
  4. Pilih Menu Lain
  5. Klik dan Pilih Info Saldo
  6. Mesin ATM kan menampilkan sisa saldo pada kartu ATM yang anda gunakan
  7. Selesai

Gimana? mudah bukan? sekarang anda bisa mengambil uang di ATM dengan mudah dan benar dan juga bisa mengecek sisa saldo setelah anda menarik uang di ATM BRI. 

Nah sekian untuk artikel kali ini, semoga bermanfaat dan dapat memberikan wawasan baru bagi anda semua. Terima kasih.

Posting Komentar untuk "Cara Mengambil Uang Tunai di ATM BRI, Tarik Tunai dan Cek Sisa Saldo BRI"