Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Pulsa tidak Masuk dari Aplikasi BRIMO? Begini cara Refund Uangnya

MASADI.ID - Sesuai dengan judul artikel kali ini, saya akan share bagaimana cara mengembalikan uang yang sudah kepotong dari Saldo Aplikasi BRIMO (Bank BRI) ketika membeli Pulsa namun pulsanya tidak masuk-masuk.

Kejadian ini saya alami satu minggu yang lalu, dimana saya membeli pulsa Telkomsel sebesar 300k melalui Aplikasi BRIMO. Tidak seperti biasanya pulsa yang saya beli belum masuk dalam hitungan menit, bahkan 1 jam juga belum masuk padahal saldo yang ada di BRIMO atau M-Banking sudah kepotong pula. Saya tunggu sampe besok karna saya pikir ini terjadi trouble pada system. Namun sudah lewat 24 jam belum juga masuk pulsanya, mulai panik dong, tentunya karna pulsa yang saya beli bukanlah angka sedikit, 300k itu cukup besar.

Nah itu sedikit cerita pengalaman saya tentang masalah Pulsa yang tidak masuk yang kita beli lewat Aplikasi BRIMO. Jika kalian mengalami hal yang sama seperti yang saya alami, kalian tidak usah khawatir karna uang kalian pasti akan kembali. Untuk mengatasi hal tersebut saya punya solusinya yang sudah saya coba sendiri dan uang dari pulsa yang tidak masuk itupun dikembalikan ke saldo M-Banking saya. Bagaimana caranya? Silahkan simak dibawah ini.

Baca juga : Cara Mudah Buka Blokir Internet Banking BRI

Cara Mengembalikan Uang dari Pulsa Tidak Masuk di Aplikasi BRIMO.

1. Datang ke Kantor Cabang BRI terdekat

Cara pertama kalian datangi Bank BRI dengan membawa Buku Tabungan dan KTP Asli. Disini kalian akan komplain karna masalah tersebut, dan dari pihak bank pun akan mengecek system yang mungkin adanya masalah dalam transaksi yang memungkinkan saldo terpotong namun pulsa tidak masuk. Dan uang akan di refund kembali ke rekening kalian.

2. Melalui Internet Banking BRI

Cara kedua yaitu dengan melakukan komplain atau keluhan lewat https://ib.bri.co.id/ib-bri/ dengan cara ini kalian tidak perlu repot-repot keluar rumah dimusim pandemi seperti ini, kalian cukup buka link tersebut lewat browser hp atau pc kalian. Setelah itu masuk ke akun Internet Banking kalian lalu setelah masuk, pilih menu Layanan dan buat Pesan Baru. Pada jenis pesan pilih kategori keluhan dan isi judul dan dibawahnya silahkan isi keluhannya. Misalnya "Pulsa tidak masuk tetapi Saldo sudah terpotong".

Pulsa Tidak Masuk BRIMO

Nanti akan ada balasan dari pihak cs BRI yang mana kalian disuruh mengisi form yang diperlukan untuk melakukan prosesnya. Contoh formnya seperti dibawah ini.

Selamat pagi Bapak Adi Riyanto,

Bapak tidak perlu khawatir. 

Guna tindak lanjut, silakan melengkapi data berikut:

Nomor rekening :

Pembelian pulsa        : (nomor ponsel)

Provider                    : _

Sebesar          : Rp. 300.000

Sebanyak                :   kali

Gagal di trx yang ke        : _

Tanggal          : 

Pukul          :  wib

Melalui          : SMS Banking, IB, terminal ATM BRI (serta lokasinya)

Keterangan / Respon        : (yang diterima dari SMS Banking, IB, terminal ATM BRI)

Keterangan tambahan        :

Nomor ponsel yang aktif :

Alamat email :

Terima kasih   

Salam,   


Fahmi 

Customer Service Bank BRI 

Nah seperti itu form yang saya isi dari csnya, silahkan kalian isi dan kirim kembali melalui layanan keluhan tersebut. kalianpun akan mendapat infromasi selanjutnya bahwa keluhan atau masalah yang dialami akan segera di proses oleh pihak bank. Proses ini akan membutuhkan 20 hari kerja, jadi ditunggu saja sampe saldo kalian di kembalikan ke rekening kalian.

Selamat pagi Bapak Adi Riyanto,

Terima kasih atas informasi yang telah diberikan. Laporan Bapak akan ditindaklanjuti dengan nomor laporan TTB000035359066. Mohon kesediaan Bapak untuk menunggu. Proses tindak lanjut laporan maksimal 20 hari kerja sejak pembuatan laporan (tidak termasuk hari Sabtu, Minggu dan libur nasional). Hasil laporan akan diinformasikan melalui pesan singkat ke nomor ponsel yang tertera pada laporan.

Dalam mendukung transaksi Cashless, kegiatan perbankan bisa dilakukan secara digital melalui aplikasi BRImo.

Terima kasih   

Salam,   


Fahmi 

Customer Service Bank BRI 

Namun pada kasus yang saya alami, saldo sudah dikembalikan tidak sampe 20 hari sejak komplain keluhan, hanya dalam 3 hari saldo sudah dikembalikan lagi ke rekening.

Baca juga : Kumpulan Kode Bank di Indonesia BRI, BNI, Mandiri dan Lainnya

Pertanyaan Seputar Pulsa Tidak Masuk dari Aplikasi BRImo

Sebagian dari kalian mungkin masih bertanya-tanya kok bisa pulsa yang kita beli tidak masuk, padahal cara membelinya sudah benar. Nah, dibawah ini mungkin juga bisa menjawab beberapa keluhan atau pertanyaan yang ingin kalian ketahui perihal beli pulsa di BRIMo tidak masuk.

Kenapa BRImo tidak bisa transfer pulsa?

Ya seperti kasusnya saya tadi diatas, mungkin ada beberapa penyebab tak terduga yang mengakibatkan pulsa yang sudah kita beli tidak masuk ke nomor kita. Misalnya kalian salah memasukan nomor hp yang akan diisi, atau nomor rekening pembayaran pulsa salah. Hal itu juga bisa terjadi jika kalian kurang teliti.

Adapun hal-hal lain yang bisa mengakibatkan kalian tidak bisa transfer pulsa dari akun BRImo kalian yaitu:

  • Saldo tabungan BRI kalian tidak cukup di akun BRImo nya.
  • Limit Transfer Habis, perlu kalian ketahui Limit transfer BRImo ke sesama BRI yaitu Rp. 100.000.000 sampai Rp. 500.000.000 per hari. Sedangkan limit transfer BRImo ke Bank lain yaitu hanya Rp. 10.000.000 saja perhari. Namun, untuk kasus ini seperti jarang terjadi.
  • Koneksi Internet tidak stabil, kasus ini juga bisa terjadi jika sinyal yang kalian gunakan lemot. Jadi pastikan untuk mengecek koneksi internet terlebih dahulu agar tetap stabil sehingga proses pembelian pulsa di BRImo berjalan lancar.
  • Server BRImo Error, penyebab ini biasanya dikarenakan server BRImo mengalami down sehingga system gagal memproses. Hal ini bisa disebabkan banyaknyya pengguna BRImo yang membuka secara bersamaan atau aplikasi sedang maintenance.
  • Jam Offline Bank BRI

Jam Berapa BRImo Offline/Maintenance?

Jadwal tetap offline atau maintenance bank BRI setiap hari Senin-Minggu dari jam 22:00-06:00 WIB. Pastikan kalian selalu bertransaki di BRImo di jam-jam online seperti siang hari. Karena jika kalian membeli pulsa di tengah malam, mungkin akan mengalami sedikit gangguan atau pending akibat offline/maintenance.

Berapa Jumlah Maksimal Pembelian Pulsa di BRImo?

Jumlah minimal dan maksimal pulsa yang dapat kita beli di aplikasi BRImo tergantung dari penyedia providernya, contohnya dari Telkomsel kalian bisa membeli pulsa dengan minimal Rp. 25.000 dan maksimal Rp. 500.000. Untuk provider kartu lain mungkin akan berbeda, jadi kalian bisa lihat terlebih dahulu pada menu yang disediakan sebelum membeli pulsa.

Bagaimana Cara Membeli Pulsa di BRImo?

Cara membeli pulsa di aplikasi BRImo sangat mudah, namun sebelum itu tentunya kalian harus memiliki akun BRImo atau M-Banking terlebih dahulu, jika belum kalian bisa mendaftarkan diri kalian terlebih dahulu.
Adapun cara membeli pulsa di aplikasi BRImo adalah sebagai berikut:
  • Buka aplikasi BRImo dan login ke akun BRImo kalian
  • Lalu, pilih menu Pulsa > Masukkan Nomor HP  > Otomatis akan mendeteksi provider kartu kalian. Setelah itu pilih nominal yang ingin dibeli.
  • Klik lanjutkan, dan ikuti transaksi sampai akhir pembayaran.
  • Selesai.

Berapa Lama Pulsa Yang Sudah di Beli akan Masuk?

Setelah kita berhasil melalukan transaksi pembelian pulsa, biasanya kurang dari lima menit pulsa akan masuk ke nomor kita. Jika ada kendala seperti pending, bisa jadi karena lagi jam-jam sibuk mungkin butuh waktu sekitar 10 menitan. Namun, apabila dalam waktu 24 jam pulsa belum masuk, kalian bisa membuat komplain atau laporan untuk refund uang kalian.

Bagaimana Cara Mengatasi Pulsa tidak Masuk di BRImo?

Cara mengatasi Pulsa di BRImo tidak masuk yaitu dengan mendatangi langsung ke Kantor Cabang Bank BRI terdekat, atau melakukan laporan melalui situs resmi mobile banki BRI secara daring. Untuk caranya kalian bisa baca pelan-pelan di awal artikel ini.

Berapa Lama Uang di Kembalikan Setelah Membuat Laporan Pulsa tidak Masuk?

Seperti yang sudah saya jelaskan dan cantumkan diatas tadi, proses pengembalian uang ke akun BRImo kita butuh proses selama 20 hari kerja. Namun jika laporan yang kalian ajukan benar, maka kurang dari tiga hari saldo pembelian pulsa yang terpotong akan dikembalikan.

Baca juga: 12 Asuransi Kesehatan Terbaik di Indonesia 2023

Tips Aman tanpa Panik Transaksi di Aplikasi BRImo

Berikut ini sedikit tips dari saya bagi kalian yang sering melakukan transaksi di Aplikasi BRImo:

  1. Pertama selalu simpan resi transaksi pembayaran/transfer uang, contoh seperti gambar diawal tadi. Gunanya jika terjadi sesuatu atau kendala saat transaksi, kalian bisa menunjukan screenshot tanda pembayaran dari aplikasi BRImo.
  2. Jangan pernah menggunakan akun BRImo kalian untuk login di hp bukan milik kalian, misalnya di hp teman ataupun orang lain.
  3. Selalu pastikan sinyal internet tetap stabil agar transaksi di aplikasi BRImo tetap lancar tanpa ada kendala.

Mungkin itu saja tips dari saya untuk kalian yang sering menggunakan aplikasi BRImo untuk bertransaksi baik itu mengirim uang, membeli pulsa dan sebagainya.

Penutup 

Nah begitu caranya jika kalian mengalami hal yang sama seperti saya, membeli pulsa lewat aplikasi BRIMO namun pulsa tidak kunjung masuk dan saldo sudah kepotong. Semoga dengan adanya artikel ini bisa membantuk kalian semua. Apabila kalian masih kesusahan, ada baiknya untuk pergi ke kantor cabang BRI terdekat agar dibantu proses refund oleh pihak CS Bank.