Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Harus Tahu, Ini Dia Fungsi dan Cara Kerja QRIS Shopeepay!

QRIS Shopeepay


Sekarang ini banyak platform pembayaran, termasuk QRIS ShopeePay, yang telah mengadopsi layanan QR Code Indonesian Standard atau QRIS sebagai opsi pembayaran sejak diluncurkan pada tahun 2019. Fungsi ini dikenal sebagai QRIS Shopee di ShopeePay.

Sekilas Tentang Shopeepay

Shopeepay adalah fungsi e-wallet atau dompet digital Marketplace Shopee. Fungsinya sama dengan OVO milik Grab, Gopay milik Gojek, Dana, atau LinkAja.

Bedanya, shopeepay hanya bisa digunakan untuk melakukan pembelian di aplikasi resmi shopee atau di merchant yang bekerja sama dengan shopee. Fitur ini berupaya memberikan kemudahan transaksi online bagi pengguna.

Lantas, apa gunanya ShopeePay? ShopeePay merupakan salah satu jenis uang elektronik yang dapat digunakan untuk:

  • Mekanisme pembayaran online di website/aplikasi resmi Shopee.
  • Metode pembayaran offline di lokasi merchant atau shopeepay, dan tempat menyimpan refund untuk membayar transaksi selanjutnya.
  • ShopeePay lebih dari sekedar mekanisme pembayaran; ini adalah fitur dengan banyak keunggulan. Fungsi ini menawarkan banyak keuntungan bagi pelanggannya. Mulai dari gratis ongkos kirim hingga diskon dan promosi shopeepay dari bisnis tertentu.

Meski fungsinya mirip dengan dompet digital lainnya, namun ShopeePay cukup populer di masyarakat. ShopeePay menyumbang hingga 34% dari seluruh transaksi dompet digital di Indonesia.

Mengapa demikian? Faktanya, ShopeePay lebih dari sekedar metode pembayaran. Jika Anda memanfaatkan layanan ini, Anda akan menerima fasilitas dan keuntungan didalamnya.

Cara Bayar via QRIS ShopeePay 

Pengguna ShopeePay harus memastikan terlebih dahulu saldo e-walletnya mencukupi sebelum menggunakan fitur QRIS. Selain itu, pastikan smartphone terhubung dengan jaringan internet yang andal agar transaksi dapat berjalan tanpa kendala. Berikut cara menggunakan fungsi QR Code ShopeePay untuk membayar:

  • Buka aplikasi Shopee.
  • Pilih menu "Saya" yang biasanya terletak di pojok kanan bawah aplikasi.
  • Masuk ke menu "ShopeePay".
  • Arahkan ke menu "Bayar".
  • Arahkan kamera ke ke kode QRIS yang ada di merchant.

Selanjutnya informasi transaksi dan status pembayaran akan ditampilkan pada layar smartphone. Selain mengarahkan kamera langsung ke QRIS di kasir, Anda bisa mengunggah foto-foto QRIS dari galeri ke aplikasi Shopee. Pendekatan ini biasa digunakan untuk pembayaran belanja online.

Pembayaran dengan QRIS ShopeePay cepat dan sederhana. Tidak mengherankan jika banyak orang menggunakan fitur ini untuk bertransaksi. Menurut Shopee, sebenarnya ada sekitar 500 toko, restoran, warung, dan merchant di Indonesia yang menerima Kode QR Shopee sebagai pembayaran.

Fungsi QRIS ShopeePay 

Jadi, apakah Anda ingin menggunakan fitur Kode QR ShopeePay untuk setiap transaksi? Seperti jaringan pembayaran lainnya, kode QR melayani pelanggan dan pedagang. Kemudahan transaksi yang dimungkinkan oleh kode ini menyederhanakan manajemen bisnis.

Selain itu, ShopeePay juga kerap memberikan promo cashback hingga 60% yang tentunya dapat menarik pelanggan untuk melakukan pembelian di toko. Untuk lebih memahaminya, mari kita bahas beberapa fungsi fitur QRIS ShopeePay.

  • Sebagai alat pembayaran non tunai berbasis kode QR.
  • Sebagai cara pembayaran yang aman, terutama terhadap kemungkinan beredarnya uang palsu di toko-toko kecil dan warung.
  • Sebagai metode pembayaran yang nyaman dan cepat.
  • Sebagai alat pembayaran yang sah dan sah di bawah naungan Bank Indonesia (BI) dan Otoritas Jasa Keuangan (OJK).
  • Sebagai alat pembayaran yang dapat membantu usaha kecil dalam berkembang di era digital.
  • Sebagai salah satu metode pembayaran yang tersedia bagi konsumen ShopeePay yang mencari pembelian lebih mudah dan simpel.

Setelah mengetahui beberapa fungsi QRIS ShopeePay yang dibahas di atas, kita pasti tertarik untuk memanfaatkan fungsi tersebut pada setiap transaksi Shopee.

Cara Kerja QRIS ShopeePay 

QRIS Shopeepay


Setelah mengetahui fungsi dan cara membayar dengan QR Code ShopeePay, mari kita lihat cara kerja fitur ini. Pembayaran dengan ShopeePay di merchant yang mendukung fungsi ini melibatkan tiga metode penyajian Kode QR. Diantaranya adalah:

1. Merchant Presented Mode (MPM) 

Statis Pemilik perusahaan hanya perlu menampilkan hasil cetak QRIS yang nantinya dapat dipindai oleh pengguna ShopeePay saat melakukan transaksi. MPM umumnya ditampilkan sebagai stiker di meja kasir.

Setelah memindai kode, pengguna dan pemilik merchant akan diberitahu apakah transaksi berhasil atau tidak. Karena kemudahannya, bentuk MPM ini banyak digunakan oleh organisasi kecil dan menengah.

Pemilik usaha yang sudah bekerjasama dengan Shopee cukup mencetak dan menampilkan kode QR. MPM semacam ini hanya memerlukan sedikit perangkat ataupun aplikasi saja.

2. Merchant Presented Mode (MPM) 

Dinamis untuk jenis ini akan dibuat oleh perangkat seperti mesin EDC atau smartphone. Cara ini gratis dan tidak memerlukan biaya apapun. Untuk menghasilkan kode QR MPM dinamis ini, merchant harus memasukkan nominal pembayaran terlebih dahulu.

Barulah konsumen dapat memindai kode QR dan membayar dengan QRIS ShopeePay. Jenis ini biasa digunakan oleh pemilik usaha skala menengah dan besar yang menangani volume transaksi besar.

3. Customer Presented Mode (CPM) 

Dalam mode operasi terakhir ini, CPM terlibat dalam aktivitas pengguna. Berbeda dengan teknik atau kode sebelumnya yang mengandalkan QR Code yang diberikan oleh pemilik perusahaan, cara ini mengandalkan QR Code yang ditampilkan di smartphone pengguna ShopeePay.

QRIS CPM biasanya digunakan di retail yang menuntut kecepatan transaksi cepat, seperti SPBU, tempat parkir, dan pintu tol. CPM dianggap paling praktis dan cepat oleh mayoritas pengguna.

Penutup

Sekian ulasan kami mengenai mekanisme pembayaran QRIS ShopeePay. Selain ShopeePay, kode QR biasanya digunakan oleh layanan pembayaran lain, seperti Flip. Proses pembayaran tagihan atau belanjaan dengan QR Code Flip juga mirip dengan ShopeePay. Jadi, selamat mencoba!