Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Daftar MyPertamina Untuk Beli Pertalite dan Solar Tanpa Aplikasi

Cara Daftar MyPertamina - Mulai tanggal 1 Juli 2022, pembelian bahan bakar minyak atau BBM jenis Pertalite dan Solar subsidi diwajibkan memakai aplikasi MyPertamina. Direktur Utama Patra Niaga Alfian Nasution menjelaskan bahwa kebijakan ini mulai diterapkan di sejumlah daerah pada tahap awal.

Direncanakan uji coba awal pembelian pertalite dan solar menggunakan aplikasi MyPertamina akan dilakukan di beberapa kota/kabupaten yang tersebar di lima provinsi, yaitu Sumatera Barat, Kalimantan Selatan, Sulawesi Utara, Jawa Barat dan Yogyakarta.

Lalu bagaiman cara beli pertalite pakai mypertamina? Terkait dari kebijakan tersebut, nantinya untuk dapat membeli pertalie wajib daftar terlebih dahulu di MyPertamina. Demikian juga untuk pembelian Solar Subsidi.

Cara daftar MyPertamina Tanpa Aplikasi

Cara Daftar MyPertamina Tanpa Aplikasi

Alfian Nasution mejelaskan, bahwa pihaknya sudah menyiapkan situs web MyPertamina, yaitu https://subsiditepat.mypertamina.id/ yang akan dibuka pada 1 Juli 2022.

"Masyarakat yang merasa berhak menggunakan Pertalite dan Solar dapat mendaftarkan datanya melalui website ini," ujarnya dalam keterangan resmi, dikutip pada selasa (28/6/2022)

Dengan begitu, masyarakat tidak perlu khawatir apabila tidak memiliki aplikasi MyPertamina, karena untuk pendaftarannya semua akan dilakukan melalui situs web MyPertamina.

Setelah melakukan pendaftaran, masyarakat diminta untuk menunggu apakah kendaraan dan identitasnya terkonfirmasi sebagai pengguna terdaftar.

"Sistem MyPertamina ini akan membantu kami dalam mencocokan data pengguna," lanjut Alfian.

Dilansir dari laman subsiditepat.mypertamina.id, berikut ini cara daftar MyPertamina tanpa aplikasi secara lengkap:

  • Pertama siapkan terlebih dahulu dokumen yang dibutuhkan yakni: KTP,STNK, Foto Kendaraan dan dokumen pendukung lainnya.
  • Selanjutnya buka situs web https://subsiditepat.mypertamina.id/
  • Lalu centang Informasi setelah memahi persyaratan
  • Klik Daftar Sekarang
  • Setelah itu, ikuti instruksi dalam situs web tersebut
  • Tunggu pencocokan data maksimal 7 hari kerja di alamat email yang telah didaftarkan, atau cek pendaftaran di situs web secara berkala
  • goog_1128902757Jika sudah terkonfirmasi, selanjutnya unduh/download kode QR dan simpan untuk bertransaksi di SPBU Pertamina

11 Wilayah Uji Coba MyPertamina di Indonesia

Perlu diperhatikan, untuk perndaftaran mypertamina baru akan dibuka pada tanggal 1 Juli 2022. Adapun implementasi tahap awal dilaksanakan pada 11 wilayah di Indonesia yaitu:

  1. Kota Bukit Tinggi
  2. Kabupaten Agam
  3. Kota Padang Panjang
  4. Kabupaten Tanah Datar
  5. Kota Banjarmasin
  6. Kota Bandung
  7. Kota Tasikmalaya
  8. Kabupaten Ciamis
  9. Kota Manado
  10. Kota Yogyakarta
  11. Kota Sukabumi

Pertamina menghimbau, untuk kelancaran pendaftaran MyPertamina agar pendaftar adalah konsumen yang berada di wilayah tersebut atau yang sering berpegian ke lokasi tersebut.

Cara Beli Pertalite Menggunakan MyPertamina

Setelah pengguna sudah melakukan pendaftaran kendaraan dan identitasnya kemudian akan mendapatkan notifikasi melalui email yang didaftarkan. Pengguna terdaftar akan mendapatkan QR code khusus yang menunjukan bahwa data mereka telah cocok dan dapat membeli pertalite dan solar di SPBU Pertamina.

"Yang terpenting adalah memastikan menjadi pengguna terdaftar di situs web MyPertamina, jika seluruh data sudah cocok maka konsumen dapat melakukan transaksi di SPBU dan seluruh transaksinya akan tercatat secara digital," jelas Alfian.

"Inilah yang kami harapkan, pertamian dapat mengenali siapa saja konsumen Pertalite dan solar sehingga ke depannya, bisa menjadi acuan dalma membuat program ataupun kebijakan terkait subsidi energi bersama pemerintah sekaligus melindungi masyarakat yang saat ini berhak menikmati bahan bakar bersubsidi," lanjutnya.

Baca juga: Jadwal FYP TikTok Hari Ini, Waktu Terbaik untuk Uploud

Informasi lebih lanjut tentang mekanisme penyaluran Pertalite dan Solas subsidi menggunakan sistem Aplikasi MyPertamina, masyarakat dapat menghubungi Pertamina Call Center (PCC) di 135 serta media sosial resmi pertamina @ptpertaminapatraniaga dan @MyPertamina

Demikianlah informasi mengenai cara beli Pertalite dan cara daftar MyPertamian tanpa aplikasi yang dilansir dari kompas,com. Jadi, nanti jika sistem sudah mulai berjalan, bagi anda yang hendak membeli Pertalite atau Solar subsidi maka wajib daftar terlebih dahulu di MyPertamina.

Semoga bermanfaat dan bisa dijadikan referensi bagi kita semua untuk menambah ilmu dan wawasan lebih luas lagi.