Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Harga Tiket Masuk Wisata Gunung Bromo Terbaru 2022

Tiket Masuk Wisata Gunug Bromo - Siapa sih yang tidak mengenal dengan objek wisata alam yang cukup keren satu ini. Ya, Gunung Bromo adalah salah satu dari spot sunrise terbaik yang ada di Indonesia. Keindahan dari gunung bromo yang berada di 4 kabupaten yaitu Probolinggo, Pasuruan, Lumajang dan Malang ini sudah sangat mendunia.

Harga Tiket Masuk Gunung Bromo
Gunung Bromo

Jadi tidak heran jika banyak wisatawan mancanegara yang datang untuk berwisata di Gunung Browo ini, meskipun terkadang dibela-belain datang hanya untuk berburu panorama sunsrise atay melihat pemandangan terbaik saat matahari terbit.

Sunrise Point

Di tempat wisata Gunung Bromo ini tidak hanya ada satu spot sunrise yang apik namun ada beberapa spot sunrise lainnya yang keren dan menjadi favorit pada fotografer profesional. Sunrise point Bromo ini setidaknya berada di 3 lokasi berbeda, dengan kelebihan masing-masing, berikut ini Sunrise Point yang ada di Gunung Bromo.

1. Metigen

Spot Gunung Bromo
Image @aryairawankamandanu

Metigen terletak di Cemoro Lawang (Probolinggo), dari loket masuk belok kiri, jalan menuju arah Lava View Hotel setelah terlihat hotel tersebut, terus saja sampai bertemu dengan area lapang. Di Metigen ini terlihat kawah Gunung Bromo dan Gunung Batok di sebelahnya, View yang makin cantik bila kabut tipis turun di area pasir.

2. Penanjakan 1

Spot Point Sunrise Bromo
Image @bukitkingkong

Penanjakan 1 juga salah satu dari sunrise point paling favorit di Gunung Bromo. Di area Penanjakan 1 ini terdapat beberapa spot untuk hunting view matahari terbit. Di sini juga terdapat spot Bukit Kingkong yang merupakan tempat favorit para fotografer khususnya guide-guide dari area Malang.

Selain itu juga ada spot bukit Cinta, Dingklik, Puncak Prau, dan Puncak Penanjakan.

3. Penanjakan 2 (Seruni)

Spot Seruni
Image @serunipoint

Penanjakan 2 berada di kawasan Cemoro Lawang Probolinggo. Biasanya spot ini disebut Seruni Point denga puncaknya yang bernama Plaza Seruni. Berbeda dengan spot-spot sunrise yang lain, untuk dapat menuju Seruni point ini dibutuhkan perjuangan yang cukup melelahkan.

Dari area parkir Jeep, wisatawan harus berjalan kaki sejauh kurang lebih 1 kilometer dengan medan yang full menanjak. Tak hanya itu saja, kalian juga harus melewati kurang lebih 270 anak tangga untuk menuju puncak Seruni ini.

Namun bagi kalian yang tidak kuat mendaki sampai puncak Seruni tak usah khawatir, karena di setiap tikungan seruni point ini kalian bisa melihat area padang pasir Bromo, Gunung Batok dan Semeru.

Baca Juga: Sejarah dari Gunung Bromo, Asal Muasal

Spot Wisata Terbaik Gunung Bromo

Selain memiliki spot-spot sunrise terbaik seperti yang disebutkan diatas, ada juga spot wisata keren yang wajib kalian ekplore jika berwisata ke Gunung Bromo. Berikut ulasannya:

1. Pasir Berbisik

Padang pasir Gunung Bromo ini juga biasa disebut sebagai Pasir Berbisik. Meskipun hanya sebuah padang pasir, namun spot ini sering dipakai oleh artis untuk syuting baik video klip ataupun untuk foto prewed.

Spot Pasir Berbisik
Image @manarana_

2. Bukit Teletubbies

Salah satu spot yang wajib dikunjungi bila kalian datang ke Bromo adalah Bukti Teletubbies. Kenapa dinamakan bukit Teletubbies? Karena memang spot ini berupa padang rumput yang luas mirip dengan film anak Teletubbies.

Bukit Teletubbies Bromo
Image @bukitteletubbiesbromo

3. Savana Widodaren

Di kawasan wisata Gunung Bromo ini terdapat spot yang cukup menarik dan keren untuk dijadikan tempat foto-foto, namanya adalah Savana Widodaren. Untuk menuju lokasi ini, dibutuhkan waktu kurang lebih 20 menit sampai 30 menit dari Penanjakan 1.

Savana Widodareb Bromo
Image @aryairawankamandanu

4. Kawah

Destinasi yang wajib kalian kunjungi adalah Kawah Bromo, dimana kalian bisa menuju kawah dengan sangat mudah telah tersedia anak tangga lengkap dengan pegangan besi di sisi kanan dan kiri.

Kawah Bromo
Image Kawah Bromo

Nah, setelah membaca beberapa spot wisata menarik di Bromo ini, apakah kalian sudah tertarik dan berencana datang? jika iya, dibawah ini kami informasikan harga tiket masuk kawasan bromo yang dapat dijadikan referensi bagi kalian yang ingin berkunjung ke Gunung Bromo.

Baca Juga: Harga Tiket Masuk Jatim Park 1 2 dan 3 terbaru

Harga Tiket Masuk Gunung Bromo

Sebelum melakukan perjalanan wisata ke gunung bromo, alangkah baiknya untuk diketahui terlebih dahulu harga tiket masuk wisata Gunung Bromo agar persiapan kalian lebih terencana. Berikut ini kami informasikan harga tiket masuk gunung bromo terbaru 2022.

Wisata Bromo Weekday Weekend
Wisatawan Nusantara IDR 29.000 IDR 34.000
Wisatawan Mancanegara IDR 220.000 IDR 320.000

Selama masa pandemi Covid19 di era kenormalan baru atau new normal, pihak dari pengelola Balai Besar Taman Nasional Bromo Tengger Semeru tidak lagi menyediakan penjualan tiket langsung atau offline. Pihak BBTNBTS regulasi 100% bagi pengunjung untuk memesan tiket masuk Bromo secar online di website resmi TNBTS untuk bisa mendapatkan Tiket Masuk Gunung Bromo.

Harga Tiket Masuk Retribusi Kendaraan Gunung Bromo

Tipe/Jenis Kendaraan Harga Tiket Masuk
Kendaraan Roda 4
Kendaraan Roda 2
Sepeda
Kuda
IDR 10.000
IDR 5.000
IDR 2.000
IDR 1.500

Selain wisatawan yang berkunjung, juga da biaya tiket kendaraan sesuai dengan jenis kendaran yang dibawa oleh para pengunjung wisata Gunung Bromo. Untuk memasuki kawasan Gunung Bromo kita harus menggunakan kendaraan Jip Hardtop yang banyak di sewakan untuk memasuki kawasan Gunung Bromo. Selain karena ketangguhannya yang mampu menembus medan berat disekitar Bromo, Jip Hadtop ini juga bagian dari atraksi Wisata menarik saat kita berlibur di Gunung Bromo.

Maka dari itu, bagi para pengunjung yang memakai kendaraan roda 2 (sepeda motor) sebaiknya tidak memakai kendaraan matic karena untuk medan tanjakan yang sangat berbahaya dan sering terjadi kecelakan di lokasi Bromo. Jika datang ke Bromo dengan kendaraan roda 4 pribadi buka 4WD diwajibkan untuk sewa Jip Bromo sebagai ganti alat transportasi yang khusus untuk masuk kekawasan Gunung Bromo.

Harga Sewa Jeep Bromo

Untuk harga sewa jeep di kawasan Gunung Bromo ini rata-rata Rp. 500.000 per jeep dengan maksimal penumpang 6 Orang. Dikutip dari laman hargaticket, Bagi wisatawan yang hendak menyewa jip agar menyewa jeep di area tas bagi wisatawan yang tidak kuat dengan berlama-lama  di dalam jeep yang sempit.

Di kawasan Ngadisari (desa yang berjarak 1,5 km dari Bromo) ada komunitas Jeep Kumbang Hitam dengan Jeep-jeep nya yang prima dan elegant. Selalu ready dengan unit Toyota Land Cruiser FJ series.

Penginapan Gunung Bromo

Di kawasann wisata Gunung Bromo ini terdapat banyak sekali penginapan, baik jenis hotel, Villa ataupun homestay. Bila kalian ingin berhemat biaya, bisa bermalam di homestay yang tarifnya sekitar Rp. 150.000 sampai Rp. 250.000.

Namun, bila kalian ingin mencari suasana kenyamanan dengan fasilitas hotel berbintang yang bisa dihuni bersama keluarga banyak orang, bisa menginap di Lava View Hotel yang letaknya sangat dekat dengan bromo.

Alamat Wisata Gunung Bromo

Untuk alamatnya berada di Gn. Bromo, Area Gunung Bromo, Podokoyo, Kecamatan Tosari, Pasuruan, Jawa Timur. Gunung ini membentang pada empat kabupaten diantaranya kabupaten yaitu Probolinggo, Pasuruan, Lumajang dan Malang, maka dari itu ada empat rute yang bisa kalian Gunakan untuk sampai ke Bromo.

Dibawah ini sudah kami siapkan juga google Maps untuk rute Gunung Bromo.

Penutup

Demikianlah informasi mengenai harga tiket masuk wisata Gunung Bromo. Semoga informasi ini bermanfaat dan bisa dijadikan referensi bagi kalian yang hendak pergi ke wisata Gunung Bromo Jawa Timur.

Posting Komentar untuk "Harga Tiket Masuk Wisata Gunung Bromo Terbaru 2022"