Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

7 Template Blogger SEO Friendly Gratis Terbaru

Ngomongin soal tampilan blog, pasti setiap orang memiliki kriteria atau selera masing-masing. Itu sebabnya setiap blog antara yang satu dengan yang lainnya memiliki tampilan yang berbeda-beda, baik itu untuk blog berita, olahraga ataupun blog personal.

Pemilihan sebuah tema tampilan blog atau template adalah salah satu modal awal untuk seorang yang ingin serius menjadi seorang blogger. Tapi, terkadang masih banyak blogger pemula diluar sana yang masih kebingungan menentukan pilihan template yang baik untuk blog yang dibuatnya. Alih-alih mereka malah masih menggunakan template bawaan dari blogger. Ya, memang tidak ada salahnya memakai template bawaan dari blogger langsung, tapi jika dilihat tampilan dari template bawaan masih kurang nyaman atau kurang bagus bagi kita yang memiliki selera terhadap tampilan.

Nah untuk itu, bagi kalian yang masih menggunakan tema bawaan blogger, maka cobalah untuk mengganti dengan template blogger dengan yang lebih keren dan baik. Dan tentunya sekarang para author atau pembuat template sudah memberikan template dengan dukungan yang sangat baik bagi penunjang blogger pemula, misalnya seperti template sudah SEO Friendly, loading super cepat, tampilan keren namun tetap responsive dan lain sebagainya.

Bagi kalian yang masih kebingungan mencari template blog yang keren, bagus, dan tentunya gratis, kali ini saya akan membagikannya dengan kalian. Namun sebelum membahas lebih dalam lagi tentang rekomendasi template blogger seo friendly dibawah ini, ada baiknya simak terlebih dahulu ulasan tentang template, fungsi dan kirteria pemilihan untuk template blog yang baik.

Template SEO Friendly Blogger

Apa itu Template Blog?

Template blog merupakan tampilan atau antarmuka dari sebuah halaman blog/website yang terstruktur dan terdiri dari berbagai macam elemen, sehingga membentuk sebuah desain atau tampilan pada halanman blog/website. Template blog terbuat dari beberapa kode pemograman seperti HTML, CSS, Javascript dan struktur kode lainnya. Tema blog memiliki ekstensi atau format .xml yang bisa kalian uplaoud di Dashboard Blogger atau di salin secara langsung melalui edit HTML.

Kriteria Pemilihan Template Blog yang Baik

Terdapat beberapa kriteria dalam memilih sebuah template blog yang akan digunakan pada blog yang kita buat. Kriteria ini dapat menjadi faktor penentu juga bagi blog kita terhadap mesin pecari google, dan tentu bagi para pengunjung yang akan datang di blog kita.

Misal saja blog kita tidak fast loading, pasti akan membuat pengunjung merasa jengkel karena terasa lemot saat membuka halaman. Nah, untuk kriterianya seperti apa saja? Simak dibawah ini.

1. Responsif

Kriteria pertama adalah template blog harus responsif agar blog dapat kompatibel di perangkat apapun, baik itu dekstop, mobile ataupun tablet. Dengan begitu pengunjung yang datang bisa membuka blog kita dimanapun tanpa berkurangnya kualitasnya.

2. Kompatibel Semua Browser

Selain kombatibel dengan perangkat yang digunakan, sebuah template blog juga harus kompatibel dengan semua browser internet, seperti Mozilla, Chrome, UC Browser dan lainnya. 

3. SEO Friendly

Template blogger haruslah dirancang dan dibuat secara profesional untuk pengoptimalan SEO, sehingga dapat memenuhi kebutuhan untuk dapat mendapatkan ranking di SERP. 

4. Fast Loading

Seperti yang saya bilang diatas, memiliki tampilan blog yang cepat loadingnya juga sangat penting. Dengan adanya template fast loading tentu akan lebih disukai oleh Google dan juga pengunjung yang datang tidak akan merasa bosan.

5. Integrasi Media Sosial

Kalian juga perlu mempertimbangkan template blog yang mendukung fitur berbagi di sosial media agar pembaca tidak kesulitan ketika mereka ingin membagikan konten di blog yang kalian punya ke media sosial.

Baca Juga : Template Blogger Premium Terbaik

7 Rekomendasi Template Blogger Gratis yang SEO Friendly dan Keren

Setelah kalian tahu bagaimana template blogger yang mempunyai kriteria baik dan dapat membantu kesuksesan blog kalian, maka saatnya kalian memilih template blogger dari berbagai rekomendasi template blogger gratis dan keren dibawah ini.

1. Mini Site

Template SEO Friendly Blogger

DEMO | Unduh

2. Volta

Template SEO Friendly Blogger

DEMO | Unduh

3. Super SEO

Template SEO Friendly Blogger

DEMO | Unduh

4. Seoify

Template SEO Friendly Blogger

DEMO | Unduh

5. Asal SEO

Template SEO Friendly Blogger

DEMO | Unduh

6. Simple SEO

Template SEO Friendly Blogger

DEMO | Unduh

7. Vika

Template SEO Friendly Blogger

DEMO | Unduh

Template Blogger Terbaik Rekomendasi

Penutup

Template atau tema sangat berperan penting dalam sebuah blog yang kalian bangun. Pasalnya template adalah tampilan awal yang dilihat oleh pengunjung dan sangat menunjang kenyamanan bagi pembacanya. 

Demikianlah rekomendasi template blogger terbaik seo friendly ini, semoga bisa bermanfaat dan dapat membantu kalian untuk memilih tema yang terbaik bagi blog kalian.