Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

16 Tempat Ngabuburit di Malang Asyik dan Seru

Kegiatan khas saat bulan puasa tiba yang tak pernah kita lewatkan adalah ngabuburit, dimana hal ini pada umumnya dilakukan pada waktu sore hari atau menjelang waktu berbuka puasa. Bermacam-macam aktivitas seru dan asik bisa dilakukan untuk menghilangkan rasa lapar sampai adzan maghrib tiba, salah satunya dengan jalan-jalan sore, berburu kuliner hingga pergi ke destinasi wisata terdekat.

Ngabuburit sudah menjadi kegiatan yang tak bisa dipisahkan dari suasana bulan Puasa, setiap kota di Indonesia bisa dikatakan sudah pasti memiliki tempat ngabuburit masing-masing, seperti halnya di Kota Malang Jawa Timur.

Di kota Apel tersebut ada banyak sekali tempat ngabuburit yang bisa kita kunjungi untuk menghabiskan waktu sore hari sembari menunggu adzan maghrib berkumandang. Nah, bagi kalian yang bertempat tinggal di Malang atau sedang berada di Malang, ingin mengunjungi tempat wisata untuk ngabuburit namun masih bingung. Simak deretan tempat ngabuburit di Malang yang asik dan seru dibawah ini.

Tempat Ngabuburit di Malang Paling Asik dan Seru

1. Masjid Agung Malang

Tempat Ngabuburit di Malang

Tempat ngabuburit di Malang pertama yaitu Masjid Agung Malang, berada di Jalan Merdeka Barat nomor tiga, Kauman, Kecamatan Klojen. Rumah ibadah ini cocok untuk dikunjungi jika kalian ingin melakukan wisata religi. Sambil menunggu waktu adzan maghrib, kalian bisa jalan-jalan mengelilingi masjid, berfoto-foto di depan masjid yang sangat instagrammable atau duduk santai di taman dekat masjid. Kegiatan lain yang bisa kalian lakukan untuk menambah pahala di bulan puasa ini yaitu dengan membaca kitab suci Al-Qur'an atau mendengarkan kultim di masjid tersebut.

2. Masjid Tiban

Tempat Ngabuburit di Malang

Selain Masjid Agung Malang diatas, kalian juga bisa datang ke Masjid Tiban yang berada di jalan Anggur Kota Malang ini. Tempat ini merupakan salah satu tempat yang enak untuk kalian kunjungi buat ngabuburit bersama teman atau keluarga tercinta. Lokasi ini sering dijadikan sebagai objek wisata oleh para pelancong karena memiliki desain dan arsitektur yang unik dan megah. Tak heran jika tempat ini juga kerap dijadikan untuk spot foto yang instagrammable. Nah, pada saat bulan Ramadhan tiba, masjid Tiban akan selalu ramai oleh pengunjung dimana ada yang ingin memperdalam ilmu agamanya ataupun hanya sekedar istirahat sejenak sembari menunggu waktu berbuka puasa tiba.

3. Alun-alun Kota Malang

Tempat Ngabuburit di Malang

Berada di Jalan Merdeka Selatan, Kidul Dalam, Klojen, Malang Jawa Timur, Destinasi ngabuburit yang tak bisa dilewatkan dan mungkin wajib untuk dikunjungi yaitu Alun-alun Kota Malang. Sebagai landmark kota dan objek wisata yang lokasinya dekat dengan stasiun, tak mengherankan jika spot tersebut selalu ramai dikunjungi setiap harinya baik warga setempat ataupun orang luar kota. Dan pada saat bulan Ramadhan tiba, maka lokasi tersebut akan ramai dikunjungi orang sembari menanti waktu berbuka puasa tiba, baik itu untuk olahraga, menikmati udara sejuk ataupun ingin sekedar berburu kuliner.

4. Taman Alun-alun Tugu

Tempat Ngabuburit di Malang

Selain Alun-alun kota Malang, kalian juga bisa menyambangi Alun-alun Tugu yang berada di Jln Tugu, Kidul dalem, Klojen, Malang City, East Java. Taman Bundaran yang berlokasi di tengah-tengah kota ini juga sebagai salah satu tempat ngabuburit favorit warga kota Malang dan juga sekitarnya. Meskipun tempatnya tidak begitu luas, tapi karena memiliki lokasi yang strategis dan menawarkan panorama yang cukup indah membuat banyak ornag senang untuk berlama-lama menghabiskan waktu seornya di area alun-alun ini.

5. Alun-alun Kota Batu

Tempat Ngabuburit di Malang

Dilengkapi dengan berbagai macam wahana dan fasilitas serta dihiasi dengan lampu yang warna-warni, membuat alun-alun kota Batu ini masuk sebagai salah satu daftar tempat ngabuburit paling favorit. Ditambah lagi kehadiran wahana Bianglala yang berada di lokasi ini membuat landmark kota tersebut menjadi tempat paling asyik dan enak untuk menghabiskan waktu sore sebelum berbuka tiba. Selain memiliki area yang cukup strategis, lokasinya yang berdekatan dengan masjid juga menjadi satu keuntungan lebih bagi para pengunjungnya. Lokasinya berada di jalan Diponegoro, Sisir, Batu Malang, Jawa Timur.

6. Jalan Soerkarno Hatta

Tempat Ngabuburit di Malang

Rekomendasi selanjutnya tempat ngabuburit di malang yang seru dan asyik yaitu Jalan Soekarno Hatta. Bisa dibilang tempat ngabuburit di Malang satu ini terletak di depan Taman Krida Budaya dan Sudah sangat populer di kalangan anak muda kota Malang. Selain kalian bisa jalan-jalan santai bareng teman atau keluarga, lokasi ini juga digunakan sebagai pasar Ramadhan yang memperdagangkan aneka jajanan kuliner yang enak dan bisa kalian pilih. Disamping diadakannya bazar, di Jalan Soekarno Hatta juga sering diselenggarakan event hiburan menarik seperti musik atau kegiatan religi. Penyelenggaraannya di area pelataran Taman Krida Budaya.

7. Taman Merbabu

Tempat Ngabuburit di Malang

Taman Family Park atau yang lebih dikenal dengan Taman Merbarbu merupakan tempat ngabuburit di Malang yang cukup happening tidak hanya di kalangan anak muda saja. Ruang publik ini sering dimanfaatkan oleh warga kota Malang saat ingin bersantai, olahraga, atau sekedar mengajak anak-anak mereka bermain di area playgroundnya. Sambil mengawasi dan menyaksikan anak-anak mereka bermain di playground, para orang tua akan menunggu di bangku-bangku taman yang sudah disediakan di lokasi. Selain itu taman ini juga ditumbuhi oleh pepohonan yang rimbun sehingga menjadi lebih sejuk dan nyaman. Jika kalian suka menghabiskan waktu ngabuburit di keramaian, Taman Merbarbu ini bisa menjadi pilihan yang asyik dan seru sambil menunggu waktu berbuka puasa tiba.

8. Taman Slamet

Tempat Ngabuburit di Malang

Berada di Jalan Taman Slamet No. 08. Gading Kasri Klojen, Malang Jawa Timur, Taman Slamet ini bisa jadi pilihan buat kalian yang ingin melakukan ngabuburit bersama keluarga. Meskipun taman ini tak luas seperti taman lainnya, namun spot bagus bila dilihat dari segi keindahaanya tak kalah menarik jika dibandingkan dengan sebelumnya. Di kawasan ini banyak tanaman dan pohon rindang serta spot foto yang keren, jadi bagi kalian yang ingin ngabuburit sambil mengembangkan hobi fotografi, berkunjung kesini tak ada salahnya juga,

9. Museum Angkut

Tempat Ngabuburit di Malang

Museum Angkut yang memadukan konsep atraksi hiburan dan sejarah alat transportasi dari seluruh dunia ini bukan hanya terkenal sebagai objek wisata saja namun juga menjadi tempat ngabuburit favorit di Malang. Sambil menanti waktu adzan berkumandang, kalian bisa ngabuburit di area ini sambil mempelajari berbagai model angkutan yang ada di Indonesia maupun luar negeri. Alamat Museum Angkut berada di Jalan Terusan Sultan Agung No. 02, Ngalik, Batu Malang, Jawa Timur.

10. Omah Kayu

Tempat Ngabuburit di Malang

Selain dikenal sebagai salah satu objek wisata populer di Malang, Omah Kayu di Gunung Sari tersebut juga kerap dijadikan tempat untuk menghabiskan watku sore menunggu adzan magrib oleh masyarakat kota malang. Berada di jalan Gunung Banyak, Gunung Sari, Bumiaji Malang Jawa timur, Omah Kayu menyuguhkan pemandangan alam yang begitu menakjubkan, membuat kita lupa akan rasa lapar dan dahaga. Disamping pemandangannya yang begitu mempesona, keindahan alam Omah kayu ini juga menjadi spot paling bagus untuk mendapatkan foto keren.

11. Candi Songgoriti

Tempat Ngabuburit di Malang

Tempat ngabuburti asik di Malang selanjutnya yaitu Candi Songgoriti. Tempat satu ini sangat cocok bagi kalian yang ingin bersantai di sore hari sambil napak tilas warisan sejarah dan budaya leluhur. Warga Malang meyakini bahwa Candi yang dipakai sebagai tempat untuk menjamas puasaka tersebut memang menawarkan suasana yang asri dan adem sehingga aktivitas santai bersama teman ataupun keluarga jadi tidak terasa hingga adzan maghrib tiba.

12. Pasar Takjil Sawojajar

Tempat Ngabuburit di Malang

Tempat ngabuburit di Malang lainnya yaitu Pasar Takjil Sawojajar. Lokasi pasat takjil ini berada di Kawasan gerbang masuk Perumahan Sawojajar Malang. Keberadaan pasar takjil ini diperkirakan sudah lebih daru satu dekade lamanya. Di pasar ini banyak sekali penjual makanan untuk berbuka puasa. Mulai dari ragam jenis kue basah dan makanan ringan, sampai lauk pauk juga tersedia di pasar ini. Kalian tertarik untuk berkunjung kesini dan memborong takjil untuk berbuka puasa? Datang saja langsung di alamat Peruamahan Sawojajar Kecamtan Kedungkandang, Kota Malang Jawa Timur.

13. Hutan Kota Malabar

Tempat Ngabuburit di Malang

Ingin ngabuburit di tempat yang sejuk dan menyatu dnegan alam? Mungkin kalian perlu pergi ke Hutan Kota Malabar. Hutan Kota Malabar ini bisa menjadi destinasi ngabuburit yang pas bagi kalian yang ingin merasakan suasanan tenang dan sejuk. Hutan kota yang berada di Jalan Malabar ini memang dibuka untuk umum. Biasanya, hutan ini dipakai untuk berolahraga. Akan tetapi, jika kalian ingin jalan-jalan santai sambil menunggu waktu berbuka tiba, kalian bisa mampir ke tempat ini. Hutan Kota Malabar sangat sejuk dan bersih, kalian pasti akan betah berlama-lama di tempat ini. Lokasinya berada di Jalan Malabar, Oro-Oro Dowo, Kecamatan Kloje, Kota Malang, Jawa Timur.

14. Taman Singha

Tempat Ngabuburit di Malang

Berlokasi di Jalan Mertoyo Selatan, Merjosari, Malang, taman yang satu ini sangat cocok untuk ngabuburit bersama anak-anak ataupun hanya sekedar ingin seru-seruan bersama sahabat. Di taman Singha Merjosari ini terdapat playground dan beberapa macam wahana permainan yang seru. Selain itu, ada juga kolam pasir untuk anak-anak. Di sini, ada juga area untuk berolahraga, salah satunya area trek untuk lari. Kalian yang suka main skateboard juga bisa banget untuk datang ke tempat ini karena ada area khusus untuk bermain skateboard.

15. Taman Trunojoyo

Tempat Ngabuburit di Malang

Satu lagi tempat ngabuburit di Malang yang bisa kalian sambangi bersama teman ataupun keluarga tercinta, Taman Trunojoyo. Taman ini selalu ramai pengunjung yang datang, terlebih pada saat bulan puasa tiba. Banyak orang yang ngabuburit di sini sembari menunggu waktu buka puasa tiba. Di taman ini terdapat fasilitas bermain dan olahraga. Selain itu, di tengah taman juga terdapat air mancur, tempat di mana anak-anak biasanya bermain di taman sambil basah-basahan. Meskipun taman Trunojoyo tidak terlalu luas, tapi taman ini sangat nyaman dan adem karena ditumbuhi dengan pepohonan yang rimbun. Lokasinya berada di Jalan Trunojoyo Klojen kecamatan Klojen Kota Malang.

16. Pasar Takjil Sulfat

Tempat Ngabuburit di Malang

Ngabuburit sambil berburu takjil mungkin Pasar Takjil Sulfta ini bisa menjadi tempat untuk ngabuburit kalian dan keluarga. Pada hari-hari biasa, tempat ini terlihat sepi dan lengah yang hanya tampak beberapa pedagang makanan saja. Namun, ketika bulan Ramadhan datang, maka akan banyak penjual makanan berta, jajanan  dan takjil di sini. Di antaranya ada aneka kue, batagor, sate dan aneka lauk pauk yang nikmat disantap dengan nasi. Berada di Jalan Taman Sulfat, Blimbing, Kota Malang Jawa Timur, berburu makanan lezat dengan harga ternjangkau tentu akan menjadi ngabuburit yang menyenangkan. Jika tertarik kalian bisa datang kesini bersama teman atau keluarga.

Penutup

Itulah 16 tempat ngabuburit di Malang yang bisa kalian sambangi untuk menunggu waktu berbuka puasa tiba. Semoga informasi Tempat ngabuburit di Malang ini bisa menjadi referensi buat kalian yang ingin merencanakan ngabuburit yang seru dan asyik bersama teman atau keluarga tercinta di kota Malang. Semoga bermanfaat dan jangan lupa ikuti terus informasi lainnya diblog ini.

Posting Komentar untuk "16 Tempat Ngabuburit di Malang Asyik dan Seru"