Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

14 Cara Agar Tidak Mengalami Lag Saat Bermain Mobile Legends, Sangat Mudah!

masadi.id - Buat kalian yang memainkan Mobile Legends, mungkin kalian sering mengalami lag saat pertandingan atau ping internet menjadi merah yang mengakibatkan tidak stabil saat pertandinga. Dalam game apapun, masalah seperti pasti sangat mengesalkan bukan dan tidak jarang bikin permainan kita menjadi kalah dalam pertandingan.

Apalagi jika koneksi kita sudah 4G+ tapi mobile legends yang kita mainkan masih saja mengalami lag. Ini memang sering terjadi dan banyak para gamers yang belum tahu cara mengatasi hal tersebut.

Maka dari itu, untuk memainkan game Mobile Legends menjadi lancar dan tanpa adanya kendala lag, akan kami bagikan beberapa tips untuk mengatasi lag dan sinyal merah pada Mobile Legends.

Tips Mudah Atasi Mobile Legends Lag dan Ping Merah saat Bermain

1. Selalu Update Aplikasi Mobile Legends

Yang pertama untuk cara agar Mobile Legend tidak lag yakni dengan selalu melakukan update secara rutin yang disediakan oleh developer game tersebut. Pasalnya, Mobile Legends sendiri adalah game yang akan mengalami update secara rutin dari pengembangnya. Jadi kalian harus up to date dengan aplikasi yang sudah diperbarui.

Jangan sampai Mobile Legends kalian ketinggalan update maka kemungkinan Mobile legends kalian akan mengalami lag. Ketika kalian update, pastikan terlebih dahulu Resource yang ada di dalam game selesai didownload sebelum lanjut bermain. Apabila kalian langsung bertanding pada saat sedang download Resource, maka kemungkinan akan terjadinya lag karena sinyal internet sedang mengambil data unduhan dan ditambah dengan metch yang akan dilakukan.

2. Gunakan Jaringan WiFi atau 4G

Terjadinya lag dan ping merah karena adnaya koneksi internet yang tidak stabil atau kurang memadai. Maka dari itu, kalian harus memastikan bahwa koneksi internet kalian lancar dan ngembut pastinya. Kalian dapat menggunakan jaringan 4G atau WiFi untuk mendapatkan sinyal yang kencang.

3. Matikan Aplikasi yang berjalan di Latar Belakang HP

Agar bermain mobile legends tidak mengalami lag, pastikan juga untuk menutup semua aplikasi yang sedang berjalan di latar belakang hp kalian semua. Jadi kalian hanya perlu membuka aplikasi game Mobile Legends saja agar tidak adanya lag tersebut.

Apabila kalian menjalankan Aplikasi lain selain Mobile Legends, kemungkinan ponsel kalian tidak kuat untuk menampung semua aplikasi yang sedang aktif, terlebih lagi bagi kalian yang memiliki HP dengan RAM yang minim.

4. Turunkan Kualitas Grafis Mobile Legends

Langkah berikutnya juga sudah terbukti bisa mengatasi lag saat bermain game Mobile Legends, yaitu dengan menurunkan kualitas dari grafik mobile legends yang kalian terapkan. Apabila saat ini kalian menggunakan grafik Ultra High atau High, maka coba untuk menurunkan grafik ke tingkat Low.

Kalian bisa mengatur kualitas grafik Mobile Legends pada menu pengaturan yang ada di game tersebut. Dengan ini kalian dapat bermain dengan lancar tanpa adanya lag, sangat cocok buat hp kalian yang memiliki RAM yang minim. Namun apabila HP kalian tipe gaming, kalian bisa set High tanpa perlu mengganti grafis ke mid atau low. Kalian juga harus tahu sampai mana performa hp kalian saat bermain game dan juga performa dalam jaringan internet yang dimiliki.

5. Aktifkan Performance Mode Gaming di HP

Jika kalian mengalami lagging pada saat bermain Mobile Legends, maka kalian bisa mengaktifkan Mode Performance pad HP yang kalian miliki. Kalian bisa mengatifkannya pada menu pengaturan hp kalian sendiri. Dengan mengatifkan performance mode ini akan membuat kinerja dari hp ynag kalian miliki menjadi lebih kencang dari sebelumnya, terutama bagi kalian yang hobi bermain game di hp. 

6. Download Aplikasi Tambahan Gme Booster

Menambah aplikasi Game Booster juga bisa menjadi solusi bagi kalian yang mengalami lag pada permainan game mobile legends. Kalian bisa menggunakan aplikasi game booster yang disediakan oleh Cheetah Mobile Play, aplikasi ini dinamakan dengan CM GameBooster. Dalam Aplikasinya, mengklaim bahwa aplikasi tersebut dapat membantu performa ponsel untuk bermain game tanpa adanya lagging.

Aplikasi Game Booster ini cukup ringan, kalian tidak perlu khawatir karena sizenya saja hanya berukuran 1.4 mb saja. Aplikasi ini diklaim dapat meningkatkan kinerja RAM sehingga bermain Mobile Legend akan meningkat sebanyak 30%. Jika kalian ingin mencobanya silahkan unduh aplikasinya disini

7. Matikan Fitur Battery Saving

Sekarang sudah banyak sekali HP dengan fitur penghemat baterai. Setingan ini biasanya akan aktif pada saat sedang baterai akan habis. Fitur tersebut juga dapat mengakibatkan lag pada game, karena itu pastikan untuk ubah pengaturan fitur Battery Saving ke Off saat sedang bermian mobile legends.

Jadi sebaikanya jika baterai saving karena baterai sudah mau lowbet, alangkah baiknya untuk charging terlebih dahulu sebelum lanjut bermain.

8.  Jangan Bermain Pada Saat Sedang Charging

Pada saat kalian menggunakan hp sambil di cas, temperatur atau suhu hp kalian pasti akan naik. Jika hal tersebut terjadi, prosesor hp akan diperlambat secara otomatis dan menyebabkan lag. Terkadang HP juga bisa menjadi pana secara tiba-tiba saat terlalu banyak menjalankan aplikasi atau terlalu lama digunakan.

Solusinya kalian dapat mematikan HP dulu sebentar sampai temperatur normal atau kalian bisa menggunakan aplikasi cooler yang dapat mengoptimalkan suhu hp kalian.

9. Uninstall Aplikasi HP yang tidak diperlukan

Kebanyak HP sekarang menjadi lemot karena terlalu banyak menampung memori dari aplikasi-aplikasi yang ada di hp kita. Kalian dapat cek memori internal kalian, apakah kapasitas masih longgar atau sudah penuh. Jika sudah penuh akibat aplikasi, kalian dapat meng hapus aplikasi-aplikasi yang tidak kalian perlukan di hp kalian. Hal ini dapat menambah kinerja hp menjadi optimal karena memori dalam hp kalian menjadi lebih longgar.

10. Bersihkan Cache Mobile Legends

File cache yang menumpuk atua file rusak dapat juga memperlambat kinerja sistem dan menyebabkan adanya lag dalam game kalian. Untuk menghapus cache di mobile legends kalian dapat mengaksesnya melalui menu pengaturan Mobile Legends kalian.

11. Mengatur APN Internet

Cara agar Mobile Legends tidak lag selanjutnya yaitu dengan mengatur APN. APN sendiri bisa diartikan sebagai jembatan antara kartu dan jaringan internet. Jika APN yang digunakan salah, maka dampaknya pada jaringan internet hp kalian akan terganggun seperti terjadinya lag dan ping menjadi merah sinyal ilang-ilangan terus.

Maka dari itu, kalian wajib mengatur APN jika jaringan internet yang kalian gunakan mengalami lag yang cukup parah. Caranya kalian dapat menuju Pengaturan > Lainnya > Jaringan Seluler > Nama Titik Akses > Atur APN. Untuk menemukan setting-an APN yang pas, kalian dapat menemukannya di grup grup komunitas atau juga bisa mencarinya di internet. Karena setiap kartu berbeda-beda cara setting APN-nya maka sesuaikand dengan yang kalian miliki.

12. Restar HP

Apabila kalian mengalami lagging yang cukup parah, mungkin HP kalian sudah terlalu lelah untuk bermain yang cukup lama. Jika begitu, kalian bisa melakukan restar pada game Mobile Legends kalian. Melakukan restar game akan meringankan kinerja hp, kalian dapat menunggu beberapa menit sebelum kembali bermain.

13. Masalah Server

Masalah lag saat bermain Mobile Legends bisa jadi juga karena adanya masalah pada sever dari Mobile Legends itu sendiri. Jika sudah begini, tidak ada cara lain selain kalian menunggu dari pihak pengembang game untuk memperbaiki servernya.

Tapi masalah seperti ini tidak sering terjadi, pasalnya mobile legends merupakan game yang selalu update aplikasinya secara rutin. Maka dari itu seperti pada poin pertama untuk selalu update aplikasi yang diberikan pengembang.

14. Ganti HP Baru

Setelah melakukan berbagai cara seperti tips mengatasi lag diatas, namun tak kunjung juga mendapatkan hasil yang memuaskan, mungkin sudah waktunya buat kalian mengganti HP yang baru. Pasalnya mungkin hp kalian sudah kurang mendukung kinerja yang maksimal. Kalian tidak perlu membeli hp yang mahal-mahal sampai puluhan juta, kalian bsia membeli HP seharga 3 jutaan dengan performa yang cukup mumpuni untuk memainkan gam mobile legends.

Kalian dapat memilih hp yang sesuai dengan spesifikasi yang dibutuhkan. Seperti hp dengan RAM 4 GB atau 6 GB yang sudah cukup lancar untuk memainkan mobile legends. Jadi kalian tidak perlu sampai mengeluarkan banyak uang dalam membeli HP baru yang berkualitas.

Nah itulah tadi 14 tips dan trik cara agar Mobile Legends tidak mengalami lag saat bermain. Kalian bisa mengikuti salah satu diatas, kalian dapat mengikuti cara diatas dengan gampang. Semoga bermanfaat dan menambah wawasan baru buat kalian semua. Salam Push Rank!