Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Mengatasi Charger HP Lama Mengisi dan Penyebabnya

masadi.id - Mengisi daya baterai ponsel yang sudah habis merupakan suatu kebutuhan wajib yang tidak bisa ditunda-tunda. Tapi, terkadang dalam hal melakukan pengisian daya pada ponsel sering kali mengalami kendala. Salah satunya yaitu masalah charger ponsel yang lama saat pengisiannya. Lamanya waktu yang dibutuhkan untuk mengisi daya HP hingga baterai penuh sekitar 3 jam bisa jadi hal yang tidak normal pada baterai HP kalian. Pada umumnya waktu yang dibutuhkan untuk mengisi baterai hingga penuh sekitar 1 - 2 jam baterai HP Penuh. Terlebih lagi teknologi fast charging sudah semakin maju.

Apabila kalian merasa charger HP kalian mengalami masalah pengisian sampai berjam-jam, maka sebaiknya kalian segera lakukan pemeriksaan terhadap berbagai macam komponen seperti apda adaptor, kabel data, port USB dan juga baterai ponsel tersebut. Hal itu dilakukan guna memastikan bahwa apakah ada kerusakan atau tidak. Pasalnya waktu normal untuk pengisian daya HP memakan waktu 2 jam saja. Dengan lamanya pengisian daya hp kalian akan membuang-buang waktu berharga kalian.

Dibawah ini ada beberapa penyebab yang mengakibatkan masalah terhadap charger HP kalian yang bisa mengalami pengisian daya yang lambat. Dengan mengetahui penyebabnya mungkin kalian dapat mengatasi hal tersebut sebelum mengganti charger HP yang baru dengan mengeluarkan budget dari dompet kalian.

PENYEBAB HP LAMA MENGISI DAYA

Ada berbagai macam faktor yang menyebabkan atau melatarbelakanginya masalah baterai HP lama dalam pengisian dayanya. Semisal ada masalah dalam sistem charger tersebut, maka kalian harus segera membenahi karena agar dapat normal lagi. Karena semakin cepat pengisian daya hp kalian, maka semakin hemat waktu juga yang kalian dapatkan. Berikut ini beberapa penyebab atau faktor dari charger HP yang lama mengisi yang perlu kalian ketahui.

1. IC Adaptor Mulai Rusak

Faktor atau penyebab pertama HP lama mengisi yaitu adanya kerusakan pada IC Adaptor. IC Adaptor merupakan komponen yang memiliki tugas melakukan kontrol terhadap konversi arus dari AC menjadi DC sehingga bisa diterima di HP. Kerusakan pada IC Adaptor ini akan mempengaruhi pada waktu charging menjadi sangat lama bahkan tidak mau mengisi sama sekali. Hal tersebut bisa terjadi akibat penggunaan charger yang berlebihan atau charger tidak pernah dicabut dari sumber listrik saat tidak digunakan.

2. Tidak Adanya Fitur Fast Charging

Penyebab kedua masalah dari lamanya mengisi daya pada HP yaitu tidak adanya fitur Fast Charging pada HP kalian. Hal ini juga dapat mempengaruhi kecepatan pengisian daya terhadap HP kalian. Beberapa HP keluaran lama memang belum memiliki fitur fast charging karena belum ditemukan pada saat itu. Fitur fast charging ini sangat bergantung terhadap beberapa komponen pendukung seperti adaptor dan juga pada kabel datanya.

3. Port USB Yang Bermasalah

Masalah lain yang menimbulkan pengisian daya HP lama yaitu adanya masalah pada port USB. Kondisi seperti port USB yang kotor dan tersumbat juga dapat mempengaruhi lama waktu pengisan daya HP. Selain itu masalah lain seperti rusaknya salah satu bagian interface akan membuat charger HP lama mengisi. Hal ini bisa terjadi akibat aliran listrik tidak bisa mengalir dengan lancar pada charger tersebut. Hal tersebut bisa menjadi akibat aliran listrik tidak lancar untuk mensuplai. Jadi ada hambatan tertentu pada aliran listrik yang membuat baterai lama mengisi.

4. Kinerja Kabel Data Yang Menurun

Masalah selanjutnya yang timbul menjadi masalah lama pengisian daya yaitu menurunya kinerja pada kabel data. Kinerja kabel data ini begitu pengaruh terhadap kecepatan aliran listrik. Bahkan jika adaptor charger yang mendukung fast charging sekalipun bila dikombinasikan dengan kabel data biasa akan menjadi tidak berfungsi. Jadi, jika pengisian daya baterai lama penuh, kemungkinan adanya kerusakan atau kinerja kabel data yang menurun bisa menjadi penyebabnya.

5. Kerusakan Pada Baterai HP

Penyebab lamanya pengisian daya HP terakhir yaitu adanya kerusakan pada baterai HP tersebut. Ada kemungkinan baterai yang kalian gunakan sudah mulai rusak dan menurun kinerjanya sehingga pada saat pengisian daya sudah tidak lagi normal seperti sebelumnya. Tapi untuk mengetahui hal ini agar lebih jelas perlu melakukan cek lebih lanjut lagi. Jadi jika belum melakukan pengecekan pada HP tersebut, jangan mudah untuk menyimpulkan bahwa baterai HP tersebut sudah rusak.

CARA MENGATASI CHARGER HP LAMA MENGISI

Setelah kalian mengetahui faktor atau penyebab dari masalah yang mengakibatkan HP kalian lama mengisi dayanya, sekarang kalian coba untuk mencari solusi tersebut. Masalah-masalah seperti diatas terkadang terjadi karena hal-hal yang sepele yang mungkin saja kalian bisa memperbaikinya sendiri. Nah buat kalian yang saat ini mengalami hal yang sama, maka kalian bisa mencoba utnuk melakukan beberapa Tips Mengatasi Charger HP lama Mengisi seperti dibawah ini :

1.  Mengganti Adaptor Charger HP Yang Lain


Jika dalam pengisian daya tidak wajar bahkan hingga berjam-jam namun tak kunjung penuh baterainya, sebaiknya kalian mencoba untuk mengganti kepada charger atau adaptor dengan adaptor hp lain. Kalian dapat meminjam kepada teman atau saudara terdekat kalian. Nah apabila dengan adaptor lain dalam pengisian daya menjadi normal, dapat dipastikan masalah dari charger HP lama mengisi ada pada adaptor meilik kalian. Solusinya kalian bisa membeli adaptor charger baru yang output dan inputnya sesuai dengan spesifikasi adaptor lama yang kalian gunakan.

2. Gunakan Kabel Data Yang Berbeda


Tips kedua ini bisa kalian lakukan untuk mengatasi charger HP lama mengisi yaitu dengan mengganti kabel data. Karena penyebab masalah ini selain pada kepala adaptor charger juga dapat pada kabel data. Maka dari itu kalian coba untuk mengganti kabel data dengan milik teman kalian atau keluarga terdekat kalian, jika tidak punya kabel data cadangan. Jika dengan kabel data lain waktu pengisian daya menjadi normal, maka silahkan kalian beli kabel data yang baru untuk mengganti kabel data yang sudah rusak sebelumnya.

3. Bersihkan Lubang Port USB


Debu atau kotoran bisa saja jadi masalah untuk pengisian daya baterai pada HP kalian. Hal tersebut yang bisa mengakibatkan lamanya pengisian daya baterai HP kalian. Maka dari itu kalian perlu rajin membersihkan supaya aliran listrik akan tetap lancar. Solusinya yaitu kalian dengan membersihkan kedua port USB yakni pada port USB HP kalian dan port di adaptor charger. Membersihkannya juga tidak bole asal-asalan karena komponen ini cukup sensitif terhadap kerusakan. Kalian bisa melakukan cara pembersihan seperti dibawah ini:

  • Siapkan cairan pembersih khusus untuk elektronik yang banyak dijual di toko elektronik
  • Semprotkan cairan pembersih khsus tersebut sedikit demi sedikit ke kedua lubang port USB
  • Gosok secara perlahan dengan kuas halus seperti kuas untuk melukis, kuas make up atau sikat gigi halus dibagian dalamnya.
  • Lap dengan tisu kering secara perlahan dan merata hingga cairan dan kotoran terangkat.

4. Mengecek Kesehatan Baterai Ke Tempat Service Center


Tips terakhir yang dapat kalian lakukan untuk mengatasi HP lama mengisi yaitu dengan cek kesehatan baterai. Silahkan kalian bawa ke tempat service center dan sampaikan keluhan yang kalian alami pada HP kalian. Mintalah juga untuk mengecek kesehatan baterai HP tersebut. Apabila kinerja sudah mulai tidak optimal lagi kalian bisa meminta teknisi untuk menggantinya dengan baterai yang baru. Kebanyak HP pada jaman sekarang sudah memakai baterai tanam sehingga kita tidak bisa melakukan cek dan penggantian sendiri karena sangat beresiko.

Nah itulah beberapa ulasan dari penyebab atau faktor mengenai Pengisian Daya Baterai HP lama dan juga solusi untuk mengatasinya. Masalah seperti ini memang bisa dialami oleh siapa saja termasuk kalian. Selain membuang waktu kalian, lamanya proses pengisian daya juga membuat produktivitas kalian menjadi menurun. Terlebih di tengah kecanggihan teknologi fast charging membuat masalah seperti ini nampak membuat tidak nyaman untuk kita. Maka dari itu apabila kalian merasa mengalami hal tersebut, segeralh cari penyebab dan solusi untuk mengatasinya.