Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

6 Cara Membuka Situs yang Diblokir Tanpa Aplikasi di PC/Laptop

masadi.id - Kebanyakan situs yang akhir-akhir ini diblokir oleh pemerintah membuat masyarakat kebingungan bagaimana cara mengakses situs yang sudah diblokir tersebut. Tentunya dengan kemajuan teknologi yang semakin berkembang membuat situs diblokir dapat dengan mudah untuk dapat diakses kembali.

Bagaimana caranya? ikuti cara membuka situs yang diblokir tanpa menggunakan aplikasi dibawah ini.

Hingga pada saat ini banyak sekali situs-situs di internet yang mengalami pemblokiran oleh pemerintah indonesia. Salah satunya yaitu Reddit, sebuah situs diskusi yang cukup populer bagi pengguna internet.

Tentunya hal ini cukup membuat kesal dan kesulitan karena bisa jadi situs tersebut merupakan situs favorit anda yang mengalami blokir tanpa adanya alasan yang jelas dari pemerintah.

Namun anda tidak usah merasa khawatir, seperti yang kami bilang diatas, bahwa kemajuan teknologi tidak menyulutkan untuk memberikan cara-cara terbaru guna membuka situs yang diblokir sekalipun. Cara membuka situs yang terblokir ini anda tidak perlu mendownload aplikasi tambahan untuk ponsel maupun di pc anda.

Untuk jelasnya bagaimana cara membuka situs yang terblokir, silahkan simak caranya dibawah ini.

Cara Membuka Situs yang Diblokir tanpa Aplikasi

1. Browser Opera

Cara membuka situs yang terblokir pertama yaitu dengan browser opera. Opera adalah salah satu browser yang sudah memiliki VPN, sehingga anda tidak usah mengunduh atau menambahkan VPN pada gawai milik anda. Situs ini juga mengeluarkan opera versi VPN atau Opera VPN untuk android yang dimana dapat memudahkan anda untuk membuka berbagai situs, termasuk situs yang terblokir pada telepon anda. Opera Vpn bisa anda download melalui playstore yang ada di android.

Cara membuka situs yang terblokir lewat opera cukup mudah. Buka Opera Browser, kemudian ketuk tiga garis pada bagian pojok atas, selanjutnya geser ke bawah hingga menemukan tulisan "VPN enable in setting". Lalu aktifkan VPN dengan mencentang "Enable VPN".

Untuk memastikan apakah VPN sudah aktif atau belum, anda tinggal membuka tab baru pada brower dan cek apakah ada tanda VPN di samping kotak pencarian URL. Jika sudah anda tinggal menuliskan link situs yang hendak dibuka.

2. Menggunakan Google Translate

Salah satu situs yang disediakan oleh google yaitu google translate bisa membuka situs yang terblokir loh. Meskipun metode ini tidak selalu berhasil namun anda bisa mencobanya untuk membuka situs yang terblokir.

Cara menggunakan Google Translate untuk membuka situs yang terblokir yaitu dengan mengakses translate.google.com di browser milih anda, lalu ketikan URL yang terblokir. Kemudian buka tautan yang muncul di bagan terjemah untuk mengakses situs tersebut.

3. Memakai Add-on di Chrome dan Firefox

Cara yang ketiga yaitu menggunakan Add-on extensi VPN yang sudah disediakan langsung oleh browser milik anda seperti Chrome dan Firefox.

Cara menggunakannya sangat mudah, anda pengguna Google Chrome tinggal mengunjungi laman Chrome Web Store dan buka extension "Browser VPN - Free and Unlimited VPN". Kemudian klik "Add to Chrome" untuk dipasang, setelah itu akan ada pop up untuk pemasangan extensi browser VPN, untuk melanjutkan anda tinggal ketuk "Add Extension".

Anda bisa memilih server VPN dengan mengklik icon yang berada di kanan atas browser dan memilih server yang kamu inginkan.

Lalu bagi anda pengguna Firefox, anda tinggal kunjungi laman Firefox add-on dan pilih AnonymoX, kemudian klik "Add to Firefox". Setelah add on terpasang anda dapat mengakses AnonymoX pada ikon di bagian atas kanan.

Pilih Server VPN yang anda inginkan setelah itu tinggal membuka sistus yang ingin anda kunjungi.

4. Memakai Situs Proxy

Salah satu cara untuk membuka situs yang diblokir tanpa aplikasi yaitu dengan menggunakan situs proxy.

Caranya mudah, anda tinggal buka situs Croxy Proxy melalui croxyproxy.com di Google Chrome. Setelah terbuka tinggal geser kebawah sampai menemukan kotak untuk memasukan link atau situs yang hendak anda kunjungi.

Tulis nama situs tersebut di dalam kota yang disediakan lalu klik "GO". Tunggu hingga prosesnya selesai dan situs yang ingin anda kunjungi dapat terbuka.

5. Menggunakan Server DNS

Cara lainnya untuk bisa membuka situs yang terblokir tanpa aplikasi di laptop atau pc adalah dengan memanfaatkan DNS di laptop atau komputer anda. Untuk caranya bisa dilihat pada langkah-langkah dibawah ini.

  • Buka Pengaturan Jaringan dalam Control Panel.
  • Buka Network & Internet > Network & Sharing Center
  • Klik kanan di Connection > Properties
  • Klik Use the Following DNS Servers
  • Ketik Server DNS Google secara manual (8.8.8.8; 8.8.4.4)
  • Klik Ok untuk menyimpan dan keluar.

Kini anda memakai server DNS Google untuk membuka situs yang diblokir agar bisa kamu kunjungi situs tersebut.

Dengan cara-cara diatas tentunya tidak semua metode berhasil untuk membuka situs yang terblokir. Banyak juga faktor yang mempengaruhi seperti ISP yang dipake oleh anda atau penyebabnya lainnya. Namun tidak salahnya bagi anda untuk mencobanya terlebih dahulu.

Nah itulah dia cara membuka situs terblokir tanpa aplikasi di PC atau Laptop yang bisa anda coba secara langsung untuk memngunjungi situs yang anda inginkan. Semoga bermanfaat.

Posting Komentar untuk "6 Cara Membuka Situs yang Diblokir Tanpa Aplikasi di PC/Laptop"