Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget Atas Posting

Cara Backup Chat WhatsApp dan Memulihkannya di HP yang Baru

Cara Mencadangkan Chat WhatsApp - WhatsApp adalah layanan messaging yang populer pada masa kini, saking populernya sampai-sampai sms aja hampir jarang digunakan lagi dengan maraknya pengguna layanan messaging ini.

Cara Mencadangkan Chat WhatsApp

Tapi tahukah kalian? jika layanan whatsapp ini bisa menyimpan semua chating kita baik di grup maupun antar personal yang bisa kita pindahkan ke hp yang lain, atau mungkin jika sobat ganti hp, chat yang di hp terdahulu bisa sobat pindah ke hp yang baru. nah gimana caranya? simak baik-baik ya sob.

Saat pengguna layanan aplikasi WhatsApp memindahkan akunnya dari satu hp ke hp yang lainnya, biasanya riwayat dari percakapan atau chating didalamnya akan terhapus. Kecuali sobat sudah melakukan backup atau mencadangkan percakapan sebelumnya.

Aplikasi WhatsApp ini memiliki fitur tersebut, fitur ini digunakan melalui menu seting pada akun whatsapp masing-masing dengan memanfaatkan layanan google drive. Langkah mencadangkan percakapatan whatsapp ini tidak terlalu sulit, namun dengan melakukan backup riwayat percakapan bisa tersimpan dengan aman dan tidak akan terhapus meski akun WhatsApp pindah ke hp yang lain.

Cara Mencadangkan Chat WhatsApp :

Syarat yang dibutuhkan agar riwayat chat di perangkat hp lama bisa dipindah ke hp yang baru ialah, Nomor HP/WhatsApp yang digunakan harus sama dengan nomor yang dicantumkan di akun Gmail. Akun Gmail atau Google Drive yang digunakan untuk backup adalah akun yang sudah masuk (sign-in) di ponsel. Cara mencadangkan dan memulihkan cadangan chat bisa lihat langkah-langkahnya dibawah ini.

Cara Mencadangkan Chat WhatsApp

1. Buka Aplikasi WhatsApp, dan masuk ke Menu Setelan/Setting
2. Pilih bagian Menu Chat
3. Pilih Menu Cadangkan Chat, pada menu ini sobat bisa lihat ada beberapa menu yang sobat seting terlebih dahulu.

  • Cadangkan ke Google Drive : Bagian ini sobat bisa pilih jangka mencadangkan secara otomatis, mau pilih setiah hari, per minggu atau perbulan untuk membackupnya.
  • Akun Google : ini adalah akun Gmail yang sudah Sign-in di ponsel sobat, gunanya untuk mencadangkan chat dan masuk ke sistem cloud dari penyimpanan Google Storage.
  • Cadangkan melalui : Sobat bisa pilih jaringan apa yang akan digunakan untuk mencadangkan chat whatsapp sobat.
  • Sertakan Video : Sobat bisa memilih mau menyertakan video untuk dibackup atau tidak, jika tidak begitu penting mending tidak usah, karena berkas akan semakin banyak dan file backup akan cukup besar.
4. Jika sudah, sobat sudah bisa menggunakan fitur ini dan chat whatsapp sobat akan aman dan tidak akan hilang meski pindah hp.

Nah begitulah cara Membackup atau mencadangkan WhatsApp yang ada di ponsel kalian semua, untuk cara Merestore atau memulihkan chat ketika sobat Ganti Hp sangat mudah, karena tidak begitu sulit daripada membackup chat WA.

Setelah WhatsApp diinstal dan masuk ke HP yang baru, pengguna cukup mengklik "restore" (pulihkan chat) lalu "next" (lanjutkan) untuk memulihkan chat yang disimpat di Google Drive sebelumnya. Pada HP yang baru akun google atau Gmailnya sudah harus Sign-in dulu ya, agar restore chat dapat terbaca di aplikasi WhatsApp. Dan perlu diperhatikan, ketika akan memulihkan chat WhatsApp sobat harus teliti ya, jangan asal pencet dan next next next gak jelas, biar proses pemulihan lebih lancar dan aman jaya hahaha.

Admin
Admin Hanya seorang Manusia biasa sama seperti kalian. Semoga bermanfaat. Salam kenall :)

Posting Komentar untuk "Cara Backup Chat WhatsApp dan Memulihkannya di HP yang Baru"