Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

10 Stadion Berstandar FIFA di Indonesia dan Syarat Kelayakan Menurut FIFA

Stadion Berstandar FIFA - Sepak bola adalah salah satu olahraga yang digemari di Indonesia bahkan di dunia. Peminat dari olahraga satu ini terkadang tidak hanya sekedar menjadi penonton saja, namum juga memiliki pemahaman atau pengetahuan mendalam dalam bidang sepak bola, termasuk juga seperti informasi sepak bola, pola permainan, sampai perkembangan sepak bola.

Banyaknya antusias masyarakat Indonesia yang cukup gemar menonton sepak bola, sehingga menjadi kebanggaan tersendiri ketika mendukung tim sepak bola kesayangannya. Apabilagi jika mensupport tim kesebelasan kesayangan dengan langsung datang ke stadion.

Maka dari itu, tidak heran di Indonesia kita ini memiliki banyak stadion besar dan mewah yang dapat menampung penonton sampai ribuan demi mendukung tim kesayangannya.

10 Stadion Berstandar FIFA di Indonesia

Nah, pada kesempatan kali ini saya akan membagikan informasi 10 stadion di Indonesia yang sudah bertaraf Internasional atau FIFA. Mungkin dalam daftar stadion berikut ini ada di kota kalian?

10 Stadion Berstandar FIFA di Indonesia

Dibawah ini daftar 10 stadion Indonesia yang sudah memenuhi standar FIFA, yang artinya stadion-stadion tersebut dapat digunakan dalam pertandingan Internasional.

No Nama Stadion
1 Stadion Gelora Bung Karno
2 Gelora Bandung lautan Api
3 Satidon Utama Palaran
4 Stadion Aji Imbut
5 Stadion Utama Riau
6 Stadion Utama Gelora Bung Tomo
7 Stadion Mugowoharjo
8 Stadion Sriwijaya
9 Stadion Patriot
10 Stadion Pakansari

Selain daftar stadion bertaraf Internasional atau FIFA seperti diatas, saya juga memiliki Informasi menarik lainnya dibawah ini.

Baca juga: 10 Stadion Terbesar dan Termegah di Indonesia

Syarat Stadion Sepak Bola Standar FIFA

Beberapa dari kalian pasti ada yang ingin tahu dong, ciri-ciri atau syarat kelayakan stadion sepak bola yang dapat menggelar pertandingan Internasional atau FIFA. Nah, dibawah ini juga akan saya bagikan informasi tentang syarat kelayakan stadion yang berstandar FIFA.

Untuk mengetahui apakah suatu stadion sudah sesuai standar FIFA atau belum, FIFA merilis sebuah panduan yang diberi nama FIFA Football Stadiums Guidelines. Dalam panduan tersebut terdapat berbagai kriteria dan komponen yang harus dipenuhi supaya stadion dikatakan sesuai standar FIFA.

Berbagai kriteria dan komponen tersebut antara lain:

  1. Pintu masuk dan keluar stadion harus bisa dibuka dan ditutup dengan mudah untuk memudahkan akes masuk penonton.
  2. Pintu masuk dan keluar stadion wajib dirancang dengan memerhatikan aspek kemudahan setiap penonton untuk bergerak.
  3. Pintu stadion wajib didesain dengan desain yang tahan tekanan banyak orang.
  4. Pintu wajib memilikki kunci tahan api.
  5. Area di sekitar stadion wajib diberikan batas, seperti pagar dan tembok dengan tinggi minimal 2,5 meter.
  6. Setiap stadion wajib menyediakan pintu keluar darurat.
  7. Setiap stadion internasional dan berstandar FIFA harus memilikki akses yang mudah dan dilengkapi dengan jaringan transportasi.
  8. Wajib menyediakan petunjuk arah yang jelas untuk memudahkan penonton.
  9. Ruang ganti pemain atau locker room wajib dilengkapi dengan shower area dan toilet.
  10. Wajib memilikki lighting dengan standar minimal 2.400 lux.
  11. Wajib memilikki fasilitas media center.

Nah itu dia tadi informasi mengenai 10 Stadion yang ada di Indonesia yang sudah standar FIFA dan juga informasi mengenai syarat-syarat apa saja yang perlu dipenuhi agar stadion sepak bola di Indonesia dapat berstandar FIFA.

Semoga informasi ini dapat bermanfaat dan bisa menjadi referensi baru untuk dapat mengetahui stadion-stadion sepak bola yang ada di Indonesia.