Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Tips Gacha Tower of Fantasy Bagi Pemula Agar Tidak Tersesat

Tips Gacha Karakter Tower of Fantasy - Sebagai game MMORPG baru, Tower of Fantasy tidak lepas dari yang namanya system gacha. Di dalam Tower of Fantasy karakter yang kita dapatkan melalui gahca disebut Simulacra. Simulacra ini merupakan representasi pemain dari karakter yang ditemukan di Tower of Fantasy, dari gacha.

Simulacra ini memiliki senjata tertentu dengan efek pasif yang berbeda dari setiap jenis yang berbeda. Dan setiap simulacra atau karakter yang kita dapat dari gacha memiliki rarity yang berbeda seperti SSR dan SR. SSR adalah tipe simulacra dengan rarity paling tinggi dari tipe SR. Jika kalian memainkan Genshin Impact, simpelnya SSR itu karakter bintang 5 dan SR bintang 4. Karakter atau Simulacra tersebut bisa kalian dapatkan dari beberapa tipe banner gacha yang ada di Tower of Fantasy.

Gacha Tower of Fantasy

Gacha Tower of Fantasy

Nah, dibawah ini akan saya bagikan tips gacha karakter dari Tower of Fantasy agar kalian tidak salah gacha dan tersesat diawal main nantinya. Apalagi jika kalian merupakan players F2P, kalian harus tahu betul mana yang harus digacha. Hal ini dilakukan agar item yang kita punya untuk gahca tidak salah banner pada saat menggunakannya. Namun, sebelum itu kalian juga perlu tahu tentang system gacha dan banner tipe yang ada di game ini.

Simak selengkapnya untuk pembahasan banner, system banner dan tipe limited banner dibawah ini.

System Gacha Tower of Fantasy

System gacha dari Tower of Fantasy hampir sama dengan game Genshin Impact, yaitu memiliki pity atau jaminan SSR. Namun, yang membedakan di sini, jika kalian mendapatkan SSR sebelum pity 80 maka kalian akan tetap bisa mendapatkan guaranted atau jaminan SSR di pull ke 80 nantinya. Nah, setelah kalian menyentuh pity ke 80, barulah reset ke pity awal atau pity 1.

Sebagai contoh, disini saya mendapatkan SSR pada pull ke 30, itungan pity tersebut tidak akan reset melainkan akan terus bertambah jika kalian gacha lagi di banner tersebut sampai menyentuh pity 80. Dan kalian dijamin mendapatkan SSR lagi pada pity ke 80, barulah pity reset menjadi 0. Kesimpulannya, dalam 80 kali pull kalian bisa mendapatkan lebih dari 1 karakter atau simulacra yang ada dibanner.

Baca juga: 30+ Preset Model Karakter Style Anime Tower of Fantasy

4 Type Banner di Tower of Fantasy

Setelah kalian sudah tahu system gacha atau itungan pity dari Tower of Fantasy, kini waktunya kalian mengetahui jenis atau tipe banner yang ada di Tower of Fantasy. 4 Banner di game ini juga dibagi lagi menjadi 2 type banner yang ada di Tower of Fantasy, yakni permanen/standar dan juga rate up/event limited. Dan masing-masing banner memiliki pity yang berbeda. Nah kira-kira seperti apa? Cek selengkapnya dibawah ini.

1. Banner Weapon Standar/Permanen

Banner standar adalah banner weapon atau karakter yang akan ada terus di dalam game, meskipun sudah ganti versi game. Didalam banner standar ini kalian bisa mendapatkan simulacra atau karakter tipe SSR atau SR secara random. Banner standar ini dibagi menjadi dua tipe, yakni Gold Nucleus dan Black Nucleus.

a. Gold Nucleus

Standar Banner/Permanen

Banner standar dari Gold Nucleus ini memiliki pity sampai 80, kalian bisa mendapatkan jaminan SSR pada pull ke 80. Dalam 10 kali gacha kalian bisa mendapatkan SR atau SSR jika hoki. Jika kalian mendapatkan SSR di pity 40, pity tidak akan reset dan kalian bisa lanjut gacha sampai ptiy 80 untuk mendapatkan jaminan SSR selanjutnya, barulah pity akan reset dari 0 lagi.

Item atau curency yang digunakan untuk gacha dibanner ini disebut dengan Gold Nucleus, Gold Nucleus ini bisa kalian dapatkan dari achievement, explore, daily dan lain sebagainya.

b. Black Nucleus

Standar Banner/Permanen

Berbeda dengan Gold Nucleus, banner standar dari Black Nucleus ini tidak memiliki pity sama sekali. Item yang digunakan untuk gacha dari black nucleus ini juga bisa kalian dapatkan dari achievement, explore, daily dan lainnya.

2. Banner Matrix/Chips Permanen

Matrix atau Chips merupakan lampiran senjata yang memberikan peningkatan stat dan efek khusus untuk karakter yang kalian gunakan. Gampangnya kalo di Genshin ini disebut dengan artefak, dimana dengan artefak ini bisa menambah stat damage yang akan dihasilkan dari karakter.

Secara default, efek dari set Matrix ini hanya berlaku pada saat menggunakan senjata yang sesuai dengan matrix nya, kecuali ditentukan lain. Terdapat 4 set matrix di setiap senjata, seperti Emotion, Mind, Belief dan Memory. Masing-masing set ini memiliki statistik pasif yang berbeda.

Matrix ini memiliki 3 tipe yakni RSK, SR, dan R. Kalo di Genshin ya ini bintang 5, bintang 4 dan bintang 3.

Pada banner Matrix/Chips Permanen ini memiliki 40 pity dan memiliki item untuk gacha yang berbeda.

3. Banner Limited/Rate Up

Limited Banner/Rate Up Event

Banner selanjutnya ada tipe Rate up atau Limited banner. Sesuai dengan namanya limited, banner ini memiliki batas waktu event tidak seperti standar banner yang setiap waktu ada. SSR yang dihadirkan pada event rate up atau limited ini tidak bisa kalian dapatkan di standar banner, jadi kalian hanya bisa mendapatkannya pada waktu tertentu saja.

Untuk pity nya hampir sama dengan standar banner yang memiliki pity 80 dan pity tersebut tidak akan reset meskipun sudah ganti banner dan belum menyentuh 80. Hanya saja pada banner ini tidak ada jaminan 100% mendapatkan SSR yang ada dibanner tersebut. 

Namun kalian akan bisa mendapatkan SSR seperti yang ada dibanner event dengan cara spark jika kalah dari rate off. Hasil dari dupe atau double SR dan SSR akan dikonversikan menjadi koin limited untuk shop limited dan kalian cukup kumpulin 120 saja kalian bisa mendapatkan weapon sesuai banner rate up pada saat itu. Perlu diingat juga, jika kalian tidak menggunakan koin limited shop tersebut sampai habis banner, koin yang sudah dikumpulkan akan masuk ke koin standar shop.

Item yang digunakan untuk gacha banner rate up/limited ini bernama Red Nucleus, Red Nucleus bisa kalian dapatkan dengan menukar Dark Crystal di Shop, atau juga bisa melalui top up jika kalian banyak duid.

4. Banner Matrix/Chips Limited

Memiliki system gacha yang sama dengan matrix standar sebelumnya, banner ini memiliki jumlah pity sampai 40. Dan hasil gacha dari rate off akan dikonversikan menjadi koin yang berbeda dari weapon limited.

Item yang digunakan untuk gacha matrix limited ini memiliki item yang berbeda dengan weapon limited namun memiliki warna yang sama merah dan bisa didapatkan dengan menukar Dark Crystal di shop.

Baca juga: Spesifikasi Minimum untuk Bermain Tower of Fantasy

Tips Gacha Banner Tower of Fantasy Bagi Pemula

Setalah kalian membaca pembahasan dari tipe banner dan system gacha diatas pastinya sudah tahu akan gacha dibanner mana nantinya. Kalian dapat menentukannya sendiri sesuai keinginan kalian. Akan tetapi agar lebih afdol lagi, akan saya bagikan tips gacha yang benar terutama penggunakan curency item gacha pada banner Tower of Fantasy. Tips ini cukup singkat

Dark Crystal

Yang pertama, gunakan Dark Crystal hanya di banner Limited saja, karena item atau curency yang digunakan untuk banner limited bisa kalian tukarkan dengan Dark Crystal tersebut. Namun, sebelum kalian gacha di banner limited, saya sarankan untuk mengumpulkan 18000 Dark Crystal untuk menutup kemungkinan gacha kalian ampas akibat tidak ada jaminan 100% mendapatkan weapon atau karakter limited yang dibanner. Dah gitu aja si untuk tipsnya.

Penutup

Demikianlah informasi mengenai tips gacha Tower of Fantasy dan mengenal system dan juga tipe banner yang ada di dalam game tersebut. Semoga informasi ini bermanfaat dan bisa membantu kalian semua sebagai wanderer di Tower of Fantasy. Mohon maaf apabila ada salah kata dalam artikel ini, jika ada saran atau tambahan pada artikel ini silahkan menuju menu kontak yang ada di blog ini. Terima kasih.