Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Membuat Live Wallpaper di PC Windows 7/8/10

masadi.id - Live wallpaper atau Wallpaper Bergerak merupakan salah satu wallpaper yang menarik dibanding dengan wallpaper lainnya. Alasannya karena live wallpaper membuat gambar yang kita pasang di PC akan menjadi lebih nyata ditambah lagi karena adanya efek gerakan atau animasinya.

Live wallpaper ini bisa diterapkan pada Operating System Windows baik itu Windows 7, 8 atau 10. Namun untuk menerapkan wallpaper bergerak ini, kalian perlu aplikasi tambahan atau aplikasi pihak ketiga yang berarti kalian harus mendownload aplikasi lagi. Namun kalian tidak perlu khawatir, karena aplikasi tambahan untuk setting live wallpaper ini tidak begitu besar, jadi tidak akan memberatkan PC kalian nantinya.

Cara Kerja Live Wallpaper

Cara kerja dari live wallpaper ini yaitu menjadikan video sebagai wallpapernya. Namun yang perlu kalian ketahui, agar semakin bagus wallpapernya dan juga mnearik, perlu disarankan untuk menggunakan video yang berulang atau loop, agar wallpaper seakan-akan menjadi hidup dan tidak ada habisnya untuk gerakan animasinya.

Adapun format video yang bisa digunakan untuk dijadikan Live Wallpaper yaitu video yang memiliki format .mp4, .avi, .mkv, dan lain sebagainya. Dan untuk kualitas videonya sendiri yang disarankan adalah yang memiliki resolusi minimal 720p agar wallpaper terlihat lebih jernih dan tajam.

Cara Membuat Live Wallpaper di PC Windows 7/8/10

Untuk cara membuat wallpaper bergerak pada PC atau Laptop sangatlah mudah, kalian hanya perlu ikuti langkah-langkahnya dibawah ini:

  • Pertama unduh dulu aplikasi yang bernama Push Video Wallpaper disini.
  • Setelah itu, Install aplikasi seperti biasa
  • Lalu buka aplikasinya
  • Untuk menggunakan video sendiri kalian bisa klik ikon + kemudian pilih video yang akan kalian gunakan. Perlu diketahui bahwa video yang memiliki suara atau audio akan ikut terputar oleh aplikasi namun kalian juga bisa untuk menonaktifkan dengan mengecilkan suara pada aplikasi tersebut.
  • Apabila ikon play yang sudah tergantikan menjadi ikon pause seperti diatas, berarti wallpaper sudah berhasil diterapkan.
  • Perlu kalian tahu, Aplikasi Push Video Wallpaper ini hanya sebatas trial, jadi pada saat kalian menutup aplikasinya maka wallpaper yang diterapkan akan berhenti berjalan. Maka dari itu, kalian perlu mengatifkan System Tray Icon yang ada pada menu Settings. Kemudian jika kalian klik minimize pada aplikasi tersebut maka akan otomatis masuk ke hiden icon/tray.
  • Apabila wallpaper ingin dijalan secara otomatis oleh startup/sistem dari awal PC dinyalakan, maka kalian bisa aktifkan Launch at Windows Startup.
  • Selesai

Dibawah ini  beberapa fitur lain dari aplikasi Push Video Wallpaper:

Pada Menu Pause :

  • When running full screen Direct3D/OpenGL applications - Wallpaper akan dimatikan ketika menjalankan Direct3D atau OpenGL
  • When running full screen applications - Wallpaper akan dimatikan ketika menjalankan aplikasi secara layar penuh.
  • When windows are maximized - wallpaper akan dimatikan apabila jendela baik itu aplikasi, browser dan lainnya dijalankan secara maximize atau diperbesar.
  • When on battery power - wallpaper akan dimatikan ketika menggunakan baterai, contohnya seperti laptop / tidak dicas

Pada menu Adjustment:

  • Brightness (25%-100%) - Untuk mengatur kecerahan wallpaper, semakin tinggi angkanya maka semakin jelas wallpapernya.
  • Desktop icon transparency (invisible - fully visible) - untuk mengatur transparansi dari ikon desktop, invisible agar ikon tidak terlihat dan fully visible agar terlihat.

Nah begitulah cara membuat wallpaper bergerak atau live wallpaper pada PC atau Laptop. Sebenarnya masih banyak lagi aplikasi-aplikasi yang serupa untuk menerapkan live wallpaper, kalian bisa cari sendiri di google untuk lebihnya. Dan untuk penggunaanya juga tidak jauh berbeda dengan yang sudah dijelaskan diatas, namun hanya saja ada beberapa fitur atau cara yang menerapkannya sedikit berbeda.

Semoga bermanfaat dan dapat memberikan wawasan baru buat kalian semua. Selamat mencoba!

Posting Komentar untuk "Cara Membuat Live Wallpaper di PC Windows 7/8/10"