Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Contoh Surat Izin Tidak Masuk Sekolah yang Baik dan Benar

masadi.id - Surat izin adalah surat yang berisikan keterangan kepada Sekolah, Instansi, Universitas maupun untuk Tempat Kerja yang diberikan dikarenakan adanya seuatu keperluan yang tidak dapat ditinggalkan sehingga tidak dapat hadir seperti biasanya. Surat izin ini juga harus dibuat dengan sebenar-benarnya dan dapat dipertanggung jawabkan.

Cara membuat surat izin tidak masuk sekolah

Pada umumnya, surat izin menunjukan ketidaksanggupan seseorang dalam melakukan kegiatan, seperti tidak bisa hadirnya kesekolah dikarena sakit, atau tidak dapat bekerja dikarena adanya suatu halangan yang mengharuskan untuk membuat surat izin tersebut.

Biasanya bentuk dari surat izin adalah surat yang tidak resmi atau surat pribadi. Surat izin juga memiliki format dasar yang dapat digunakan untuk sebagai acuan. Pembuatan dari surat izin dapat diketik menggunakan komputer ataupun juga bisa ditulis dengan tangan. Untuk lembaga pendidikan seperti universitas dan sekolah biasanya memperbolehkan untuk membuat surat izin menggunakan tulisan tangan. Namun pada perusahaan ataupun instansi formal surat izin harus diketik karena dikaitkan dengan profesionalisme.

Ada kalanya, seorang siswa berhalangan untuk hadir di sekolah karena sebab tertentu yang mengakibatkan dia tidak bisa hadir. Misalnya karena sakit, ada acara keluarga ataupun ada kegiatan lain di luar sekolah. Nah, biasanya wali murid akan mengirim surat izin tidak masuk sekolah yang diberikan kepada guru atau wali kelas dari si murid tersebut. Lalu bagaimana format dan contoh surrat izin tidak masuk sekolah yang baik dan benar?.

Sebetulnya cara untuk membuat surat izin cukup mudah, tetapi ada unsur-unsur yang perlu diperhatikan dalam surat izin tersebut sehingga permohonan izin yang dikirimkan ke sekolah dapat diterima dengan baik oleh pihak sekolahan. Adapun formas surat izin tidak masuk sekolah sebagai berikut:

Format Surat Izin Tidak Masuk Sekolah

  • Tempat dan Tanggal Surat
  • Penerima Surat
  • Salam Pembuka
  • Isi Surat
  • Salam Penutup
  • Penanggung jawab atau pengirim surat

Surat izin tidak masuk sekolah dapat dibagi menjadi empat jenis, yaitu surat izin sakit, surat izin sakit dari keterangan dokter, surat izin acara keluarga dan surat izin mengikuti kegiatan di luar sekolah.

Selain memerhatikan unsur-unsur yang disebutkan diatas, dalam pembuatan surat izin tersebut terdapat beberapa hal penting lainnya yang juga perlu diperhatikan. Dimana hal penting tersebut sangat berkaitan dengan tips pembuatan surat izin agar terkesan lebih formal dan sopan tentunya, seperti:

  1. Pakai kertas HVS
  2. Hindari ada coretan pada tulisan
  3. Sebaiknya ditulis dengan tangan (bukan ketikan komputer)
  4. Gunakan Amplop

Contoh Surat Izin Tidak Masuk Sekolah yang Baik dan Benar

Apabila ingin menulis atau membuat surat izin tidak masuk sekolah, maka pastikan dulu kalian mengetahui cara-cara pembuatan surat tersebut. Supaya lebih mudah, simak contoh surat izin tidak masuk sekolah seperti dibawah ini:

Banjarnegara, 04 Desember 2022

Kepada Yth.

Bapak/Ibu Guru Wali Kelas XI B

MA AL Hidayah 1 Purworejo Klampok


Dengan Hormat,

Yang bertanda tangan dibawah ini saya selaku orang tua/wali murid dari:

Nama : Adi Nur Rizky

Siswa Kelas : XI B

Alamat : Susukan, Banjarnegara Indonesia


Dengan ini memberitahukan bahwa anak saya tidak dapat mengikuti proses belajar mengajar pada hari ini, Selasa 04 Januari 2022 dikarenakan sakit. Oleh karena itu, kami memohon pada Bapak/Ibu Guru Wali Kelas XI B agar memberikan izin.

Demikian yang dapat kami sampaikan, atas perhatian Bapak/Ibu kami ucapkan terimakasih.


Hormat kami,

Orang tua/Wali murid


Suprapto


Nah seperti itulah contoh dari surat izin tidak masuk sekolah dan format yang benar. Perhatikan baik-baik untuk penulisan surat izin di atas agar sopan dan dapat diterima oleh guru kalian.

Demikian Contoh Surat Izin Tidak Masuk Sekolah yang bisa saya bagikan buat kalian semua, semoga bermanfaat dan dapat menambah wawasan baru baut kalian semua.