Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Unreg Kartu Indosat Dengan Sangat Mudah

masadi.id - Dalam sebuah proses registrasi atua pengaktifan kartu SIM telekomunikasi seluler kini mewajibkan bagi penggunanya untuk mendaftarkan Nomor Induk Kependudukan (NIK) dan Nomor Kartu Keluarga (KK). Hal ini ditetapkan oleh pemerintah melalui Kementerian Komunikasi dan Informasi sejak tahun 2018 lalu.

Pendaftaran dengan NIK dan Nomor KK ini berlaku untuk semua Provider telekomunikasi di Indonesia, termasuk juga Indosat Ooredoo. Lalu, bagaiman cara dengan proses Unreg Kartu Indosat?

Berbeda dengan cara registrasi kartu, unreg kartu Indosat tidak membutuhkan dokumen NIK dan Nomor KK. Kalian cukup untuk mencantumkan nomor yang ingin dimatikan saja.

Cara Unreg Kartu Indosat

cara unreg kartu indosat

Ada beberapa cara unreg kartu Indosat yang dapat dicoba oleh penggunanya, berikut ini langkah-langkah yang bisa kalian coba.

1. Unreg Kartu Indosat Melalui Telepon

Untuk unreg kartu Indosat dapat dilakukan dengan berbagai cara, salah satunya dengan melalui telepon dial up. Langkah-langkahnya sebagai berikut:

  • Pertama buka menu Panggilan di HP kalian
  • Tekan *123*4444# lalu OK/Panggil
  • Pengguna akan diminta memilih salah satu penawaran yang terdiri dari Registrasi, Cek Status, Cek NIK dan Hapus Data Registrasi
  • Pilih dan ketik Nomor 4 dan tekan OK
  • Setelah itu kalian akan diminta untuk konfirmasi ulang untuk menyetujui proses unreg dengan cara ketik angka 1
  • Selesai, kalian akan mendapatkan pemberitahuan yang berbunyi "UNPAIR nomor Anda Berhasil"

2. Cara Unreg Kartu Indosat melalui SMS

Selain bisa menggunakan telepon, kalian juga dapat melakukan unreg kartu Indosat melalui SMS. Berikut ini caranya:

  • Pertama buka menu SMS
  • Lalu ketik UNPAIR#Nomor HP# kirim ke 4444. Sebagai contoh : UNPAIR#085727044257# kirim ke 4444
  • Setelah selesai nanti kalian akan mendapatkan pemberitahuan bahwa nomor kalian sudah berhasil untuk di Unreg.

3. Cara Unreg Kartu Indosat melalui Customer Service

Jika operatos Indosat sedang sibuk dan tidak dapat memproses unreg karut indosat kalian, kalian dapat mencoba cara lain melalui customer service. Kalian bisa mendatangi gerai Indosat terdekat di kota kalian untuk proses unreg kartu SIM. 

Sebelum kalian datang ke Gerai Indosat, pastikan kalian menyiapkan dokumen-dokumen yang diperlukan. Dokumen ini dibutuhkan untuk membantu kelancaran proses unreg kartu Indosat tersebut.

Kalian dapat langsung menuju meja customer service dan meminta bantuan untuk unreg kartu dengan menunjukan identitas resmi dan dokumen yang disiapkan sebelumnya. Ceritakan juga pada customer service jika kalian telah melakukan unreg melalui SMS namun gagal. Pada saat itu juga customer service akan mengurus dan membantu kalian.

Cara Unreg Kartu Indosat yang Sudah Hilang

Pengguna Indosat Ooredoo juga dapat melakukan Unreg dengan mudah ketika kartunya sudah hilang. Untuk keperluan memblokir kartu Indosat yang hilang tersebut agar tidak bisa digunakan oleh orang lain, pelanggan provider ini cukup menghubungi customer service indosat di (021) 30003000.

Kalian juga bisa langsung datang ke gerai Indosat di kota kalian. Tapi, kalian perlu siapkan terlebih dahulu identitas diri kalian yang digunakan saat registrasi kartu indosat yang hilang pertama kali dulu.

Alasan Unreg Kartu Indosat

Proses unreg atau non-aktifkan SIM merupakan hal yang penting harus dilakukan jika kartu tersebut sudah tidak lagi dipakai. Hal ini untuk menghindari data ganda yang tersimpan di Direktur Jenderal Kependudukan dan Catatan Sipil (Dukcapil) saat ingin berganti dengan nomor HP yang baru.

Selain itu ada pula pembatasan terhadap maksimal tiga nomor telepon yang bisa diregistrasi dengan menggunakan identitas yang sama. Misalnya nomor KTP dan Nomor KK kalian sudah digunakan untuk registrasi tiga kartu Indosat atau kartu operator lainnya. Maka, salah satu kartu tersebut harus di unreg jika memang ingin menggunakan nomor lain dari operator yang sama atau berbeda.

Pada saat ini, hampir semua operator telepon seluler di seluruh Indonesia sudah menyediakan fitur Unreg sehingga memudahkan para penggunanya. Namun, tentu saja caranya berbeda-beda. Ada yang melalui SMS seperti unreg kartu indosat ini, ada yang lewat internet ada juga lewat aplikasi dan masih banyak metodenya.

Hal-hal yang Harus Diperhatikan

Meski bisa dengan mudah unreg karut Indosat dan kartu dari Operator telepon seluler lainnya, namun kalian harus tahu fakta satu ini. Setiap nomor kartu telepon seluler yang sudah diregistrasi dan di unreg maka tidak akan bisa lagi digunakan seterusnya. Itu berarti, kartu tersebut tidak akan bisa diaktivasi kembali dengan identitas yang sama di masa depan.

Oleh karena itu, pastikan kalian sudah benar-benar tidak menggunakan kartu yang di unreg tersebut, karena sudah jelas tidak bisa diakses lagi nantinya. Saat kartu di unreg, pastikan juga sudah tidak ada data yang tertinggal didalam sehingga tidak hilang begitu saja.

Kesimpulan

Dengan melakukan unreg pada kartu Indosat yang sudah tidak dipakai lagi, kalian sudah menjamin keamanan data dikartu tersebut. Sehingga jika sewaktu-waktu kartu tersebut hilang kalian sudah tidak perlu khawatir jika kartu tersebut digunakan oleh orang yang tidak bertanggung jawab karena kartu tersebut sudah tidak bisa diaktifasi lagi dengan data kalian.

Sekian untuk cara unreg kartu Indosat ini, semoga bermanfaat dan dapat memberikan wawasan baru buat kalian semua.