Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Arti Kata Gong Xi Fa Cai yang Benar

masadi.id - Buat kalian yang sering mendengar kata-kata Gong Xi Fa Cai pada saat hari perayaan Imlek, namun belum tahu arti dari kata Gong Xi Fa Cai ini kalian bisa membaca artikel ini sampai  habis.

Di Indonesia, masyarakat menggap Gong Xi Fa Cai memiliki arti selamat tahun baru. Tapi ternyata itu salah, kata-kata Gong Xi Fa Cai bukan diartikan sebagai selamat tahun baru.

Arti Kata Gong Xi Fa Cai

arti kata gong xi fa cai

Secara harfiah, arti dari kata Gong Xi Fa Cai berarti "semoga mendapat kekayaan yang makin melimpah". Doa dan pengharapan yang biasa disampaikan oleh orang-orang Tionghoa untuk dirinya sendiri atau kerabat mereka.

Menaymbut perayaan imlek, dekorasi serba berwarna merah dengan pernak pernik yang khasnya, serta tulisan "Gong Xi Fa Cai" memang tersebar di sudut mana-mana. Jadi tidak herna jika banyak yang menyangkanya sebagai kata selamat tahun baru.

Apabila ingin mengucapkan selamat tahun baru, maka ucapan yang tepat adalah "Xin Nian Kuai Le". Secara harfiah, kalimat tersebut memiliki arti selamat tahun baru, dimana dalam bahasa Kanton biasa diucapkan sebagai Sun Leen Fai Lok.

Jika kalian ingin membagikan ucapan selamat tahun baru Imlek, berikut ini ada beberapa contohnya yang bisa kalian ambil.

Contoh Ucapan Selamat Tahun Baru Imlek

  • Gong he xin xi, wan shi ru yi, yang artinya: harapan terbaik dan kebahagiaan untukmu memasuki Tahun Baru.
  • Zhu nin xin de yi nian kuai le xing fu, yang artinya: semoga kamu bahagia dan makmur sepanjang tahun.
  • Shi ye cheng gong, jia ting mei man, yang artinya: semoga kariermu sukses dan keluargamu bahagia.
  • Sui sui ping an, yang artinya: Damai dan aman menyertaimu selalu.
  • Yuan xin nian wei ni dailai kuai le, you ai he ningjing, yang artinya: semoga Tahun Baru membawakanmu bahagia, cinta, dan damai.
  • Yuan kuai le xingfu yong ban ni zuoyou, yang artinya: semoga gembira dan bahagia mengelilingimu hari ini dan selamanya.
  • Yuan xinnian de kuai le yi nian siji chang zai, yang artinya: semoga kegembiraan Tahun Baru selalu bersamamu sepanjang tahun.

Penutup

Terlepas dari artinya yang kurang sesuai dengan selamat tahun baru, tapi tidak ada salahnya jika kalian tepap mengucapkan "Gong Xi Fa Cai" pada orang-orang yang merayakan Imlek.