Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

10 Rekomendasi Merk Laptop Terbaik di Indonesia

Meski terkadang sudah menjadi kebutuhan pokok, tak semua orang dapat memilih laptop yang bagus dan terbaik. Mengapa begitu? Hal tersebut diakrenakan tak semua dapat menyesuaikan spesifikasi laptop dengan kebutuhan yang digunakan. Selain itu berbagai jenis merk laptop di pasaran juga menjadi salah satu hal pertimbangan untuk dapat memilih laptop yang bagus. Dalam pemilihan laptop juga perlu adanya pemilihan yang tepat sehingga laptop bisa tahan lama dan tetap awet untuk digunakan.

Laptop merupakan perangkat elektronik yang dapat membuat apa saja, asalkan penggunanya mengerti untuk menggunakannya. Itu sebabnya perlu adanya penyesuaian dari perangkat tersebut dengan kebutuhan dari si penggunanya, sehingga bisa menjadi laptop terbaik yang dapat memaksimalkan ketika digunakan. Bagi kalian yang mungkin baru pertama kali mengenal perangkat ini kalian bisa saja dibandingkan dengan harga, merk maupun bentuk dari laptop tersebut.

Perlu kalian ketahui bahwa mahal atau tidaknya suatu laptop dipengaruhi oleh spesifikasi produk tersebut. Agar kalian tidak bingung lagi, kalian dapat simak ulasan cara memilih laptop bagi kalian yang pertama kali ingin memiliki perangkat ini.

Cara Memilih Laptop yang Bagus dan Cocok dengan Penggunanya

Buat kalian yang pertama kali dalam penggunaan laptop, wajar saja jika kalian masih kebingungan dalam memilih perangkat tersebut. Untuk itu kalian perlu mengikuti panduan menentukan perangkat laptop terbaik yang sesuai dengan kebutuhan sendiri.

1. Ukuran Layar Laptop dan Kualitas Layar

Ukuran dari Laptop merupakan salah satu hal dasar yang perlu klaian pertimbangkan. Ukuran laptop dari ukuran layar perangkat tersebut biasanya dari berbagai merk laptop memiliki ukuran layar 11 inch ultrabooksampai 17,3 inch yang beratnya bisa mencapai 2 kg. Buat kalian yang membutuhkan protabilitas yang tinggi, sebaiknya pilihlah laptop yang memiliki ukuran yang kecil dan compact. Hal ini akan sangat membantu kalian dalam hal penggunaanya karena akan sangat mudah untuk dibawa bepergian

Saat ini laptop sudah memiliki 2 jenis layar yaitu LED dan juga LCD untuk sebuah layar laptop. Layar LED diakui dapat menghemat penggunaan listrik namun tidak terlalu cerah pada saat digunakan di luar ruangan atau outdoor. Sementara untuk layar bertypekan LCD memiliki kecerahan yang lebih dari pada LED sehingga sangat mendukung untuk digunakan di luar ruangan.

2. Jenis dan Ukuran Media Memori Penyimpanan

Salah satu hal yang perlu kalian perhitungan saat membeli laptop baru yaitu pada bagian ukuran media penyimpanan. Laptop memiliki 2 jenis penyimpanan memori seperti SSD dan juga Hardisk. Dua jenis media penyimpanan ini memiliki kelebihan dan kekurangannya masing-masing.

Harddisk merupakan penyimpanan yang memiliki kapasitas yang besar dan tidak terlalu mahal dalam hal harga, namun memiliki kecepatan selayaknya SSD. Sementara untuk SSD merupakan penyimpanan yang cukup mahal untuk ukuran kecil namun memiliki kecepatan yang lebih kencang karena teknologinya yang lebih baru. Itu sebabnya tak heran sekarang sudah banyak berbagai merk laptop mulai beralih menggunakan hardisk bertypekan SSD karena kinerjanya lebih cepat.

3. Kapasitas RAM

Berikutnya hal yang perlu kalian pertimbangkan juga pada sektor RAM, semakin besar RAM laptop tersebut maka semakin cepat pula laptop tersebut dapat digunakan. Jika kalian adalah seorang gamer ataupun programer, tak salah lagi bahwa kalian perlu mencari laptop yang memiliki spesifikasi RAM tinggi. Namun bagi kalian yang mungkin menggunakan laptop hanya sebatas hal biasa, kalian dapat menyesuaikannya dengan RAM yang tidak terlalu besar seperti RAM 4 sampi 6 GB.

4. Daya Tahan Baterai

Mempunyai daya tahan baterai yang bagus dalam pemilihan laptop merupakan pertimbangan yang perlu kalian perhatikan dalam pemilihan laptop. Hal tersebut sejalan dengan jumlah RAM yang kalian miliki. Semakin tinggi RAM laptop semakin banyak palikasi yang dapat dijalankan sehingga menghabiskan baterai yang banyak pula.

Oleh sebab itu kalian perlu memperhatikan ketahan baterai laptop tersebut. Tentu saja yang memiliki ketahanan baterai yang awet untuk laptop yang dipilih. Jangan sampai kalian memilih memori RAM yang tinggi namun ketahanan baterai yang rendah. Hal ini bisa sangat berbahaya untuk laptop kalian.

5. Konektivitas yang Lengkap

Memiliki konektivitas pada perangkat laptop menjadi hal penting, seperti kita tahu bahwa untuk konektifitas seperti wifi adalah hal yang paling utama. Sehingga kalian perlu untuk memastikan kontektivitas wifi ini ada pada perangkat yang kalian pilih atau tidak. Selain itu pastikan juga bahwa laptop kalian memiliki port USB, LAN dan HDMI/VGA. Itu merupakan port umum yang biasanya akan kalian gunakan pada saat tertentu.

6. Prosesor

Pertimbangan terakhir dalam pemilihan laptop yang terbaik yaitu prosesor. Prosesor laptop selalu mengalami perkembangan setiap tahunya. Jika dulu biasanya kita mengenal pentium sekarang ini telinga sudah dibiasakan dengan bahasa sebutan "core". Core sendiri merupakan prosesor dari brand Intel. Bukan hanya itu saja, AMD juga menjadi brand yang bisa diandalkan setara juga dengan Intel.

Meskipun sudah terbukti bahwa intel memiliki performa yang lebih baik dibandingkan dengan prosesor AMD. Semakin tinggi suatu core Laptop semakin baik pula performa yang dapat dihasilkan.

7. Merk Laptop

Pertimbangan berikutnya yang bisa membuat kalian bingung yaitu dalam pemilihan merk dari laptop tersebut. Merk laptop terkenal diantaranya seperti DELL, Apple, Lenovo, Asus, HP, Acer, Toshiba, hingga merk Xiaomi. Biasanya setiap merk dari sebuah laptop memiliki keunggulan masing-masing. Namun kalian bisa memilih merk laptop terbaik melihat secara detail sepsifikasi laptop yang kalian inginkan.

10. Merk Laptop Terbaik Saat Ini

Nah dibawah ini ada 10 merk laptop terbaik yang bisa kalian pilih untuk memilih laptop seperti apa yang kalian ingin gunakan.

1. Apple


Siapa sih yang tidak kenal dnegan merk produk mewah satu ini. Laptop dengan brand Apple ini hadir dengan sistem Operasi bawaan dari brand itu sendiri yaitu MacOS. Tahukah kalian? Brand ini diakui bahkan sampai seluruh dunia yaitu merk laptop termahal. Penasaran mengapa produk merk satu ini dibandrol dengan harga yang mahal? jadi, setiap produk keluaran dari merk apple ini didesain dengan sangat mewah dari material premium. Selain itu perangkatnya juga memiliki prosesor yang sangat kuat.

Jika biasanya suatu laptop yang digunakan hingga 3 tahun, kecepatan dari laptop tersebut akan berkurang seiring banyaknya data yang telah ditampung pada laptop itu, Dan itu tidaklah berklaku bagi produk apple ini. Selain itu produk ini juga dibekali dengan baterai yang awet dan cukup mumpuni. Tak ketinggalan juga, apple memiliki ciri khas dimana layar retina pada laptop ini tak pernah tertandingi dari merk laptop terbaik lainnya.

2. Asus


Memiliki penawaran harga yang baik, itulah yang membawa merk terbaik ini menjadi salah satu merk laptop terbaik. Asus diakui mampu menjangkau banyak kalangan sehingga produk ini semakin dikenal di pasaran.

Selain itum salah satu dari produk merk Asus yang sangat mendunia sehingga membawa merk ini dilirik oleh pasar elektronik adalah laptop dengan seri ROG untuk gaming. Ini merupakan salah satu dari produk andalan asus. Dengan spesifikasi yang tinggi termasuk RAM dan prosesor yang mumpuni, Laptop Asus seri ROG ini bisa membawa para gamer ke dunia gaming yang sempurna.

3. Lenovo


Tidak harus mewah yang penting bisa membantu pekerjaan, itulah yang membuat merk ini diakui dan disukai oleh penggunanya. Terlebih lagi untuk kalangan masyarakat Indonesia, ini merupakan merk laptop terbaik yang sangat disukai. Merk ini hadir membawa laptop dengan segmen harga yang sangat berjenis. Jadi siapa pun bisa mendapatkan laptop merk lenovo walaupun budget yang disediakan tidak terlalu banyak.

Jika kalian ingin laptop seharga puluhan juta, merk ini hadir membawa kalian dengan produk laptop dengan harga puluhan juta. Jika kalian ingin laptop dibawah kisaran 5 juta saja, laptop lenovo juga memiliki produk sesuai dengan budget tersebut. Hal ini adalah salah satu mengapa merk ini diakui dipasar elektronik. Tak ketinggalan pula, produk laptop lenovo juga diakui dengan keawetannya dan durabilitasnya yang cukup tinggi.

4. Dell


Memiliki bodi yang sangat kuat dan kokoh dengan inovasi-inovasi terdepan, itulah keunggulan dari merk laptop DELL. Merk ini memiliki fokus yang sangat tinggi pada bagian kualitas laptop yang dihadirkan. Tidak melulu harus launching setiap tahun, Dell justru mengeluarkan update produknya berdasarkan inovasi-inovasi terbaru yang dihadirkan dari produk tersebut.

Tak hanya di indonesia saja, produk lenovo keluaran terbaik ini juga diakui sampai ke dunia dan sudah mendapatkan tempat di pasar laptop dunia. Laptop ini selalu hadir memenuhi kebutuhan-kebutuhan dengan kualitas dan harga yang seimbang dengan fitur-fitur yang ditawarkan. Salah satu dari fitur yang juga membuat produk lenovo diakui dan disukai adalah daya tahan baterai untuk setiap laptop sangat awet.

5. HP


HP merupakan salah satu merk laptop terbaik yang banyak digunakan di indonesia, HP memiliki keunggulan dimana hadir dengan penawaran harga yang sangat baik. Tak hanya itu, laptop dari merk ini juga diketahui bahwa memiliki garansi yang komprehensif hingga 3 tahun lamanya. Gimana? Apakah kalian salah satu pengguna laptop tersebut/ Apakah kalian puas dengan harga dan fitur yang dihadirkannya? Merk laptop HP ini diakui memiliki dukungan pelanggan yang baik sehingga mampu menjadi salah satu merk laptop yang terbaik.

6. MSI


Merk laptop dari MSI dikenal dan meroket dari para gamer dunia. Laptop merk MSI hadir dengan spesifikasi yang sangat tinggi seperti spesifikasi RAM minimal 8 GB yang mampu memuaskan para gamer. Terlebih lagi pada saat ini game sangatlah marak, merk laptop ini pun semakin dikenal dan menjadi salah satu laptop gaming terbaik dunia.

Bisa digunakan untuk pekerjaan sehari-hari, namun laptop merk ini memang pada dasarnya dibuat khusus untuk para gemer. Tahukah kalian, laptop merk MSI ini dibandrol dengan harga 10 juta keatas, jadi akan sangat boros apabila digunakan untuk hal-hal yang sederhana saja.

7. Acer


Apakah kalian salah satu pengguna dari merk laptop Acer ini? Merk ini sudah sangat terkenal di Indonesia dan tahukah kalian bahwa penjualan merk laptop Acer di Indonesia mampu menaikkan penjualan laptop merk ini di dunia.

Indonesia adalah salah satu pengguna laptop merk Acer terbanyak. Wajar saja, jika laptop ini hadir dengan segmen harga yang sangat bervariasi dan cocok untuk banyak kalangan. Jika kalian ingin laptop mahal, merk ini menyediakan produk yang kalian inginkan. Namun jika kalian ingin laptop yang tergolong murah, merk acer juga memiliki produk yang bisa kalian cari.

8. Samsung


Samsung merupakan merk laptop dari korea selatan. Mungkin merk ini sudah begitu terkenal sampai seluruh dunia. Wajar saja bila smartphone keluaran merk ini sangatlah di tunggu dan disukai oleh pasar elektronik. Namun, tak hanya smartphone saja, merk samsung ini juga dikenal menjadi merk Laptop terbaik. Merk ini hadir dengan membawa laptop yang memiliki warna yang colorfull.

Jika pada awalnya kurang dilirik oleh pasar, merk laptop yang satu ini mengeluarkan laptop dengan desainnya yang unik dan juga spesifikasi yang mumpuni yang kemudian dibandrol dengan harga cukup terjangkau merk laptop dari samsung ini akan meningkat dengan drastis.

9. Microsoft


Meskipun cukup jarang ditemukan di Indonesia, laptop merk Microsoft banyak digunakan di berbagai belahan dunia. Mungkin merk microsoft ini masih terbilang baru untuk produk laptop, namun siapa sangka bahwa laptop ini disambut baik di pasar elektronik. Laptop keluaran dari microsoft ini memiliki desain dan kekuatan yang cukup mumpuni untuk digunakan saat bekerja. Tak hanya itu saja, laptop ini juga menghadirkan produk dengan segmen harga yang cukup bervariasi sehingga cocok untuk target pasar yang bervariasi pula.

10. Toshiba


Meskipun dikenal dengan merk barang-barang elektronik seperti TV, merk Toshiba juga kini mengeluarkan produk laptop. Ini merupakan merk patop terbaik yang terakhir. Merk laptop yang satu ini tak hanya dikenal di Indonesia saja melainkan sudah sampai seluruh penjuru dunia. Produk yang dikeluarkan oleh toshiba ini sebenarnya sangatlah bagus namun perusahaan dari jepang ini kini resmi menutup dan mengentikan produk laptopnya dan berfokus pada produk awal yang merek sudah produksi. Dan kini semua produk laptop toshiba ini sudah dimiliki oleh Sharp.

Nah itulah 10 merk laptop terbaik yang bisa kalian pertimbangkan saat akan membeli laptop nantinya. Setiap dari merk Laptop tentunya memiliki kelebihan dan kekurangannya masing-masing. Dan untuk memilih salah satunya, pastikan kalian memilih kelebihan dari laptop tersebut sesuai dengan kebutuhan yang kalian gunakan.