Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

55 Ucapan/Quotes Keren untuk Memperingati Hari Pahlawan 2021

Beberapa hari lagi negara kita Indonesia akan memperingati Hari Pahlawan yang akan jatuh pada tanggal 10 November. Hari Pahlawan adalah peringatan dari peristiwa arek-arek Surabaya yang melawan tentara Belanda.

Sebagaimana yang dikutip dari buku Pekik Takbir Bung Tomo karya Fery Taufiq  (2020: 11), 10 November yang diperingati sebagai Hari Pahlawan Nasional adalah barometer kekuatan Indonesia. Dari Surabaya tercatat oleh dunia bahawa orang pribumi memiliki nyali "wani" melawan penindasan, keburukan dan memperjuangkan kemerdekaan oleh puluhan ribu pejuang tanah air yang berkumpul di Surabaya untuk melawan tentara Belanda.

Adapun maksud dan tujuan dari memperingati Hari Pahlawan Nasional sebagaimana yang dilansir laman situs kemensos.go.id yakni untuk membangun ingatan kolektif akan sejarah perjuangan bangsa Indonesia. untuk kemudian menggerakan kesadaran masyarakat agar mau meneladani dan menerapkan nilai-nilai luhur pahwalan dalam kehidupan sehari-hari.

Pada tahun ini 2021 tema yang diambil dalam memperingati Hari Pahlawan yaitu Pahlawanku Inspirasiku. Pemilihan tema itu bukan tanpa alasan. Tema yang diambil tersebut dipilih agar warga Indonesia dalam meneladani dan menjadi motivasi dalam kehidupan berbangsa dan bernegara.

Kumpulan Ucapan Hari Pahlawan 2021

Kata-kata hari pahlawan
Ir. Soekarno

Untuk memperingati Hari Pahlawan Indonesia, kali ini akan membagikan kumpulan ucapan atau quotes keren untuk memperingati Hari Pahlawan sebagai motivasi para pemuda Indonesia.

Ucapan-ucapan ini bisa kalian gunakan untuk update status di Facebook, WA, IG atau sosial media lainnya untuk menumbuhkan rasa nasionalisme kita.

Berikut dibawah kumpulan dari Ucapan Hari Pahlawan 2021

  1. Terima kasih pahlawan, kami siap untuk melanjutkan perjuanganmu. Semangatmu selalu menggelora di dada kami. Selamat Hari Pahlawan 10 November 2021.
  2. Berkacalah pada sejarah para pahlawan Indonesia yang terukir dengan indah. Resapi makna perjuangannya, lalu tatap masa depan dengan cerah.
  3. Selamat Hari Pahlawan 2021. Kunci kesuksesan generasi muda masa depan dapat dimulai dari mencontoh perjuangan para pahlawan.
  4. Marilah kita memperingati hari pahlawan dengan karya nyata yang memberi dampak positif. Selamat Hari Pahlawan 10 November 2021.
  5. Selamat Hari Pahlawan 10 November. Marilah kita mengenang dan menghormati perjuangan para pahlawan dan para pejuang dalam mempertahankan kemerdekaan Republik Indonesia.
  6. Jikalau jadi Pahlawan membuat bangsa dan negara terlalu berat buatmu, minimal jadilah pahlawan untuk diri sendiri dan keluarga. Selamat Hari Pahlawan 10 November 2021.
  7. Perjuangan belum berakhir, maka perkokoh persatuan dalam membangun negeri. Selamat Hari Pahlawan 10 November 2021.
  8. Bangsa yang besar adalah bangsa yang menghormati jasa para Pahlawannya - Ir. Soekarno.
  9. Tidak perlu keluar darah, kini keringat dan pikiran juga bisa menjadi bermanfaat. Selamat Hari Pahlawan.
  10. Selamat Hari Pahlawan 10 November 2021. Marilah kita perkokoh persatuan untuk membangun negeri ini agar selalu diakui oleh dunia.
  11. Cita-cita persatuan Indonesia itu bukanlah omong kosong. Tetapi benar-benar didukung oleh kekuatan-kekuatan yang timbul pada akar sejarah bangsa kita sendiri - Mohammad Yamin. 
  12. Selama banteng-banteng Indonesia masih punya darah merah yang dapat membuat secarik kain putih menjadi merah putih, maka selama itu kita tidak akan mau menyerah kepada siapapun juga - Bung Tomo. 
  13. Jangan tanyakan apa yang bangsa ini berikan kepada Anda, tapi tanyakan apa yang sudah Anda berikan kepada negara - Soekarno.
  14. Jika Diponegoro dilahirkan di Barat dan menempatkan dirinya di muka satu revolusi dengan sanubarinya yang suci itu, maka boleh jadi akan dapat menyamai perbuatan-perbuatan Crommwell atau Garibaldi. Tetapi ia menolong perahu yang bocor, kelas yang akan lenyap - Tan Malaka. 
  15. Kalau pemuda sudah berumur 21-22 tahun sama sekali tidak berjuang, tidak bercita-cita, tidak bergiat untuk tanah air dan bangsa, maka pemuda begini baiknya digunduli saja kepalanya - Soekarno. 
  16. Apabila kita tidak mampu memberikan yang terbaik bagi negara, agama, atau keluarga. Maka tancapkanlah dengan sifat jujur, peduli dengan rakyat, dan juga pada diri sendiri. Karena tanpa sebuah kejujuran negara maupun isinya akan terasa rapuh dan yang pasti akan mudah kembali terjajah.
  17. Jika rasa takut dalam kebaikan tidak hilang, maka yakinlah bahwa kemajuan hanyalah sebuah angan semata.
  18. Semoga Indonesia tetap semangat menuju gerbang kesejahteraan. Selamat Hari Pahlawan.
  19. Mari kirimkan Al Fatihah untuk semua pahlawan kita yang telah berjuang demi Kemerdekaan Indonesia.
  20. Pahlawan kekinian adalah mereka yang tak kenal lelah mengabdi untuk kesejahteraan bangsa dan negara.
  21. Saat yang terbaik untuk membuktikan bahwa kita adalah pemenang yaitu saat ketika kita tampak kalah. Selamat Hari Pahlawan 10 November 2021.
  22. Semoga kita semua menjadi generasi yang kokoh untuk menyongsong kehidupan bangsa yang lebih baik.
  23. Semoga jasa para pahlawan yang telah gugur dalam membela bangsa Indonesia diperhitungkan oleh Tuhan sebagai amal baik dan mereka ditempatkan di surga. Selamat Hari Pahlawan 2021.
  24. Selamat Hari Pahlawan Nasional 10 November 2021. Marilah kita mengobarkan semangat nasionalisme untuk mengenang jasa para pahlawan kita.
  25. Semoga hadir kembali pahlawan-pahlawan muda yang berprestasi, dan juga mengharumkan nama bangsa.
  26. Marilah satukan langkah untuk Negeri Indonesia tercinta.
  27. Pahlawan adalah mereka yang mau berjuang demi orang-orang tertindas. Selamat Hari Pahlawan 10 November 2021.
  28. Dalam menghadapi musuh, tidak ada yang lebih mengena daripada senjata kasih sayang. Selamat Hari Pahlawan 2021.
  29. Jangan mau diadu domba, dan jangan mau dipecah belah. Bangsa ini dulu merdeka karena ada yang mempersatukan dan juga memperjuangkan kemerdekaan.
  30. Selamat Hari Pahlawan 2021, Bangsa Indonesia! Pahami, dalami, dan juga hayati makna jasa Pahlawan yang telah mengorbankan harta, keluarga, jiwa, dan raga untuk tanah air.
  31. Selamat Hari Pahlawan Nasional 2021. Mari jadikan pahlawan sebagai teladan dalam berbangsa dan bernegara apapun profesimu.
  32. Sekarang kita bukan membawa bambu runcing ataupun senjata untuk melawan musuh. Tapi kita melawan negara lain dari berbagai berbagai teknologi. Mari para pemuda, bangkitlah. Buatlah inovasi. Sehingga membuat senyum Ibu Petiwi.
  33. Dahulu para pahlawan rela menumpahkan darah demi mempertahankan Indonesia. Hari ini kita melawan globalisasi. Janganlah bangga menjadi seorang konsumen. Banggalah menjadi pembuat.
  34. Walaupun para pahlawan berguguran dalam melawan tentara Belanda untuk mempertahankan kemerdekaan Indonesia. Namun semangatmu takkan pernah pudar dan kami para pemuda tak akan pernah memadamkan semangatmu dalam mempertahankan keutuhan Indonesia.
  35. Hari Pahlawan 2021 tidaklah sama seperti tahun-tahun sebelumnya. Kita tidak hanya ditunutut mempertahankan bangsa. Namun kita juga harus melawan keadaan kita sekarang.
  36. Bangsa yang besar adalah bangsa yang menghargai jasa pahlawan. Semangatmu takkan pernah padam ditelan zaman. Selamat Hari Pahlawan pemuda penuh harapan.
  37. “Pahlawan-pahlawan di dalam tentara kami, satu dengan yang lainnya berselisih, dan kemudian yang gagah berani menyerah.” — Pangeran Diponegoro
  38. “Kejahatan akan menang bila orang yang benar tidak melakukan apa-apa” — Jenderal Sudirman
  39. “Pahlawan yang setia itu berkorban, bukan buat dikenal namanya, tetapi semata-mata membela cita-cita.” — Bung Hatta
  40. “Dalam menghadapi musuh, tak ada yang lebih mengena daripada senjata kasih sayang.” — Cut Nyak Dien
  41. “Kemerdekaan nasional bukan pencapaian akhir, tapi rakyat bebas berkarya adalah pencapaian puncaknya.” — Sutan Syahrir
  42. “Selama Banteng banteng indonesia masih mempunyai darah merah, yang bisa membikin secarik kain putih menjadi merah putih, Maka selama itu Kita tidak akan menyerah kepada siapapun juga.” — Bung Tomo.
  43. “Kita tunjukkan bahwa kita adalah benar-benar orang yang ingin merdeka…Lebih baik kita hancur lebur daripada tidak merdeka.” — Bung Tomo
  44. “Banyak hal yang bisa menjatuhkanmu. Tapi satu-satunya hal yang benar-benar dapat menjatuhkanmu adalah sikapmu sendiri.” — Raden Ajeng Kartini
  45.  “Cita-cita persatuan Indonesia itu bukan omong kosong, tetapi benar-benar didukung oleh kekuatan-kekuatan yang timbul pada akar sejarah bangsa kita sendiri.“ — Moh Yamin
  46. “Kau mungkin tidak akan pernah merasa takut jika rohmu berpisah dengan jasad mu. Dan kau selalu yakin bahwasanya keberhasilan akan segera di tangan meski menggunakan berbagai macam alat perang yang sederhana.” — Bung Tomo
  47. “Kita yang berjuang jangan sekali-kali mengharapkan pangkat, kedudukan ataupun gaji yang tinggi.“ — Supriyadi
  48.  “Jika orang lain bisa, saya juga bisa, mengapa pemuda-pemuda kita tidak bisa, jika memang mau berjuang.“ — Abdul Muis
  49. “Pattimura — Pattimura tua boleh dihancurkan, tetapi kelak Pattimura — Pattimura muda akan bangkit.” — Pattimura
  50. “Right or Wrong my country, lebih-lebih kalau kita tahu, negara kita dalam keadaan bobrok, maka justru saat itu pula kita wajib memperbaikinya.” — R. Soeharso
  51. “Kalau ingin melakukan perubahan jangan tunduk terhadap kenyataan, asalkan kau yakin di jalan yang benar maka lanjutkan.” — Gus Dur
  52.  “Robek-robeklah badanku, potong-potonglah jasad ini, tetapi jiwaku dilindungi benteng merah putih, akan tetap hidup, tetap menuntut bela, siapapun lawan yang aku hadapi.” — Jendral Soedirman
  53. “Hidup yang tidak dipertaruhkan tidak akan pernah dimenangkan.” — Sutan Syahrir
  54. “Berulang-ulang telah kita katakan, bahwa sikap kita ialah lebih baik hancur daripada dijajah kembali.” — Gubernur Suryo
  55. “Jalan yang paling baik untuk menghilangkan musuhmu adalah dengan menganggapnya sebagai kawan.” — Sri Sultan Hamengku Buwono VIII

Nah itulah beberapa dari Ucapan atau Quotes yang bisa anda gunakan untuk memperingati Hari Pahlawan Indonesia. Semoga bisa menjadi inspirasi bagi para generasi muda Indonesia sebagai mana tema yang diambil dari Hari Pahlawan yaitu Pahlawanku Inspirasiku.

Posting Komentar untuk "55 Ucapan/Quotes Keren untuk Memperingati Hari Pahlawan 2021"